Prospek Kerja Teknik Mesin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari prinsip fisika yang berguna sebagai analis suatu mesin, manufaktur, desain mesin dan pemeliharaan. Pada setiap harinya, ribuan produk yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya diproduksi. Untuk itu, mahasiswa yang telah lulus dari teknik mesin sangat diperlukan untuk memenuhi sumber daya manusia.

    Jadi jangan heran, jika peminat dari jurusan teknik mesin sangatlah banyak. Seorang sarjana lulusan teknik mesin punya prospek kerja yang begitu tinggi. Kami telah merangkum prospek kerja teknik mesin yang menarik untuk kita ulas, berikut pemaparannya :

    1. Welding Engineer

    Welding engineer atau mengelas ini merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan juga lo. Ia harus memastikan sambungan-sambungan yang ada di alat produksi suatu pabrik kuat dan aman. Untuk menjadi welding engineer memiliki pesaing yang ketat.

    Kamu harus memahami meterial yang kamu gunakan. Harus sesuai dengan permintaan klien dan diseimbangkan dengan fungsi alat tersebut. Pada saat pengelasan, prosesnya harus berjalan sesuai prosedur untuk menghindari stress material. Kemampuan yang harus kamu kuasi lagi yaitu komunikasi. Kamu harus pandai berkomunikasi dengan atasan atau klien kamu.

    1. Perancang Mesin

    Merancang sebuah mesin memerlukan kemampuan dan keahlian yang tinggi. Semua perhitungan harus di pastikan sesuai dengan standarnya.

    Pada perusahaan atau industry, kamu tidak selalu diharuskan merancang mesin baru, bisa juga di perintahkan untuk mengupgrade mesin yang telah ada. Tak hanya itu, kamu juga harus mempertimbangkan kemudahan perawatan mesin, keamanan mesin, kemudahan pengoperasian mesin dan masih banyak lagi.

    1. Bekerja di Bidang Opersi dan Perawatan Mesin

    Di setiap perusahaan, jabatan ini sangat diperlukan untuk menjamin mesin-mesin yang diperlukan untuk kebutuhan produksi tidak ada masalah. Demi menjaga produktivitas agar tetap stabil, perusahaan atau industry memerlukan orang dari berbagai bidang yang paham tentang mesin.

    Tanggung jawab yang diberikan antara  lain melakukan pemeliharaan dan perawatan pada mesin produksi di industry. Semua aktivitas yang berhubungan dengan peralatan diawasi oleh orang yang mengisi jabatan ini. gaji yang diberikan perusahaan untuk bekerja di bidang ini antara 15 sampai 30 juta per bulan, namun bisa saja berubah dikarenakan faktor –faktor tertentu.

    1. Industri Otomotif

    Otomotif dengan mesin sangat dekat sekali. Setiap orang menyebut mesin, pasti yang terpikir mesin motor atau mobil. Kamu bisa menjadi teknisi di perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Jika kamu lulusan teknik mesin, sudah pasti kamu akan diterima di perusahaan otomotif.

    1. Instansi  Pemerintah

    Tak hanya bekerja di perusahaan swasta atau non pemerintahan saja, kamu juga bisa bekerja di pemerintahan. Contoh yang bisa kamu tekuni yaitu dengan masuk ke BPPT atau bisa juga ke IPTN. Kamu bisa bekerja di kedua lembaga tersebut.

    1. Bengkel

    Kalau kamu lulusan teknik mesin yang suka otak-atik mesin motor, kamu bisa buka bengkel sendiri. Namun, pertama kamu harus memiliki modal terlebih dahulu untuk memulai membuka usaha sendiri. Kamu harus tekun menjalani usaha yang telah kamu buka, agar ke depannya usah tersebut maju dan berkembang.

    1. Industry Transportasi

    Banyak jenis transportasi yang ada di dunia, yang biasanya kita ketahui adalah transportasi yang berada di darat, laut dan udara. Ketiga jenis transportasi ini memiliki teknisi yang ahli di bidangnya masing-masing. Jika kamu ahli pada mesin di transportasi darat, contohnya motor, mobil dan sebagainya, kamu bisa bekerja di perusahaan yang memproduksinya.

    Banyak sekali sebenarnya prospek kerja teknik mesin, namun untuk saat ini hanya segitu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknik Mesin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar