Kerupuk Khas Jambi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jambi merupakan salah satu kota dan provinsi yang ada di wilayah Indonesia bagian Sumatera, lebih tepatnya bagian tengah sumatera. Jambi terkenal kaya keindahan di semua bidangnya, baik itu segi kebudayaan, ekonomi, sosial dan makanannya yang khas. Karena memiliki banyak keindahan yang sangat memukau jambi memiliki semboyan, yaitu tanah pilih pesako betuah.

    Tanah pilih pesako betuah sendiri memiliki arti Jambi sebagai salah satu kota pemerintahan yang sangat terkenal hampir di semua bidangnya, serta menjadi salah satu tempat istimewa ketika dikunjungi. Jambi memiliki luas sekitar 205,38 km², serta memiliki jumlah penduduk 610,854 jiwa pada tahun 2018.

    Salah satu yang terkenal di Jambi yaitu kerupuk. Kerupuk yang ada di Jambi sangat menjunjung tinggi cita rasa dari kerupuk tersebut dan juga memiliki banyak macam kerupuk yang  sangat enak dan unik, sehingga ketika para pengunjung yang berdatangan dari luar provinsi Jambi selalu membeli kerupuk dan menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk orang di kampung.

    Ada banyak kerupuk asli dari Jambi dan banyak pula ragam rasa yang ada di kerupuk asli Jambi, daripada bingung membeli kerupuk yang enak dan unik di Jambi alangkah baiknya kita mengetahui rasa dan keunikannya sendiri terlebih dahulu.

    Ada 2 kerupuk asli dari Jambi yang sangat terkenal dan banyak di beli oleh masyarakat dari dalam Jambi maupun masyarakat dari luar Jambi. Berikut 2 kerupuk yang sangat terkenal di Jambi:

    1. Kerupuk Kletek Udang/Kerupuk Kayu Api

    Kerupuk ini tidak asing lagi di Jambi, karena rasanya yang enak dan unik mampu menarik banyak perhatian masyarakat dari luar Jambi. Tak hanya dari rasanya yang unik dan enak, kerupuk ini juga memiliki tampilan yang sangat menarik dan unik, karena itu lah kerupuk ini sangat banyak di gemari dan disukai oleh masyarakat di sana.

    Kenapa diberi nama keletek udang karena kerupuk ini berbahan dasar udang segar yang sudah dipilih dan siap untuk di jadikan sebagai bahan kerupuk.

    Dan ada juga sebagian orang menyebut kerupuk ini dengan sebutan kerupuk kayu api, kenapa disebut kerupuk kayu api, itu di lihat dari segi tampilannya yang sangat mirip dengan kayu api yang bulat panjang persis seperti stik dan berbentuk pipih lebar.

    Kerupuk udang ini sangatlah terkenal di Jambi dan sempat digadang dengan kerupuk istimewa disana, itu disebabkan karena dibuat oleh komposisi udang  segar dan murni yang  dijadikan sebagai bahan kerupuk ini, serta kerupuk ini dulunya diproses dengan cara di masak dengan kayu bakar agar memperoleh hasil dan aroma yang sangat harum dan sempurna.

    Dengan bertambah nya zaman dan semakin canggih bahan-bahan proses pembuatan masakan, kerupuk ini tidak lagi di masak dengan kayu bakar, melainkan dengan kompor gas agar memudahkan orang yang membuat kerupuk udang ini. Ada pula sebagian orang di Jambi masih menggunakan dengan cara tradisional yaitu memasak kerupuk udang dengan kayu bakar.

    Ketika anda pergi ke Jambi pastikan anda membeli kerupuk yang satu ini untuk keluarga anda di rumah, karena rasanya yang unik dan enak, sangat cocok untuk dijadikan cindera mata. Harga dari kerupuk udang/kayu api ini sangat bersahabat dengan kantong kita, hanya dengan mengeluarkan uang 20.000-25.000 per bungkusnya, anda bisa mendapatkan kerupuk ini per 1 bungkus denga berat 250 gram. Dan sekarang kerupuk udang/kayu api sudah hadir di beberapa toko online seperti, Tokopedia anda bisa membelinya disana tanpa harus pergi ke Jambi.

    2. Kerupuk Kipas

    Kerupuk kipas juga terkenal di Jambi, sama halnya dengan kerupuk udang/kayu api. Tapi kerupuk kipas berbahan dasar ikan segar yang sudah di jemur diatas terik panas matahari, lalu di tambah dengan pewarna makanan, per warna makanan dari kerupuk kipas tidak berbahaya dan masih bisa di konsumsi.

    Kerupuk kipas memiliki tampilan yang hampir sama dengan halnya seperti kipas, dengan warna putih. Kerupuk kipas tidak memiliki satu warna saja melainkan ada beberapa jenis warna yang dominan yaitu hijau dan merah.

    Karena menggunakan pewarna kerupuk kipas ini sangat terlihat unik dan sangat enak terlihat, walau menggunakan pewarna makanan, tapi pewarna makanan yang di gunakan di kerupuk ini masih bisa dikonsumsi dan tidak bersifat membahayakan siapa yang memakannya.

    Kerupuk kipas sangat banyak di sukai oleh masyarakat Jambi, karena banyak disukai masyarakat dari Jambi menggunakan kerupuk ini sebagai untuk mencari tambahan rezki. Kerupuk kipas dijual oleh masyarakat Jambi dengan harga 1 bungkusnya 15.000 sampai 25.000 itu pun tergantung berapa berat dari 1 bungkus kerupuknya.

    Harganya yang sangat terjangkau menjadikan kerupuk kipas ini banyak di beli oleh masyarakat dari dalam Jambi ataupun dari luar Jambi.

    Kedua kerupuk khas dari Jambi ini  memiliki keunikan dan tampilan yang berbeda, meski berbeda kerupuk ini sangat banyak di sukai dan sangat populer di Jambi. Ketika di Jambi anda pasti akan menemukan kedua kerupuk yang sangat terkenal disini, serta anda harus membeli kerupuk ini sebagai souvenir untuk orang di kampung atau di rumah.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kerupuk Khas Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar