Operating System Buatan Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Operating System adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol dari hardware serta menjalankan aplikasi disalam komputer. Pada saat ini, sudah banyak operating system yang ada untuk digunakan masyarakat luas. Contohnya operating system windows dari Microsoft.

    Tak hanya windows, ada juga operating system yang bernama linux yang basisnya open source sehingga bisa untuk di kreasikan lagi. Open source adalah istilah yang banyak digunakan untuk operating system yang membebaskan penggunanya untuk melihat source codenya, dan memperbolehkan penggunanya mengembangkan dan mengkreasikan agar operating system tersebut dapat lebih baik lagi.

    Nah kali ini, kita akan membahas  operating system yang dikembangkan oleh anak bangsa.

    1. Garuda OS

    Garuda OS sendiri diluncurkan pada tahun 2011 yang telah mendapatkan sertifikasi SNI. Garuda OS merupakan salah satu distro linux yang dikembangkan sehingga aman dari virus dan memiliki stabilitas tinggi. Garuda OS juga dilengkapi bahasa Indonesia dan memiliki program dari banyak kategori.

    1. Target Linux

    Operating system ini dikhususkan sebagai target/sasaran hacking. Operating system ini bisa kamu jalankan dari USB disk maupun CD ROM. Komputer yang digunakan untuk menjalankan distro linux ini  berguna sebagai target server atau korban. Maksudnya yaitu server yang memiliki bug atau kelemahan pada systemnya yang dijalankan oleh service-service. Operating system ini dibuat dari slackware 11 atau sama seperti backtrack.

    1. BlankOn

    Operating system ini dikembangkan oleh pengembang dari BlankOn dan didukung oleh YPLI atau Yayasan Penggerak Linux Indonesia. BlankOn dikembangkan dengan terbuka dan untuk menghasilkan operating system Indonesia yang dikhususkan bagi dunia pemerintahan, perkantoran dan pendidikan.

    Pada saat ini, BlankOn sudah memiliki 12 versi dari masa ke masa. BlankOn ini dikembangkan untuk menampilkan ciri dari Indonesia, seperti tampilan dan tema yang memakai tema Indonesia.

    1. DewaLinux

    Operating system ini dikembangkan agar lebih “user friendly” dengan penggunanya. Operating system ini dikembangkan pada kebutuhan-kebutuhan khusus. Pada dewalinux, terdapat 2 edisi yang dapat digunakan, yaitu DewaLinux untuk Exclusive dan DewaLinux untuk warnet.

    1. Kuliax

    Operating system ini didistribusikan untuk sistem pendidikan di Indonesia, lebih tepatnya untuk universitas yang ada di Indonesia. Pada awalnya, distribusi Kuliax ini berbasis debian knoppix, namun setelah versi 6, di ubah ke debian live. Operating system ini di optimalkan untuk pengguna desktop linux.

    1. Igos Nusantara (IGN)

    Operating system ini dikembangkan pada tahun 2006 sampai dengan sekarang. Pada dasarnya, IGN ini menyediakan fitur yang dapat membantu pekerjaan anda sehari-hari. Tampilan IGN ini lebih cantik dan elegant. Tak hanya itu, IGN mudah serta menarik untuk digunakan.

    Nah, tadi itu adalah operating system yang gunakan pada komputer atau laptop. Alangkah baiknya jika kita mengetahui operating system yang digunakan untuk smartphone kita. Berikut operating system untuk smartphone.

    1. IDOS

    Operating system untuk smartphone ini asli buatan Indonesia. IDOS dikembangkan oleh perusahaan smartphone advan.  IDOS memiliki  beberapa kelebihan yang cukup menarik untuk diulas, berikut kelebihan dari IDOS:

    • Perlindungan ganda

    Pada smartphone yang berOS IDOS, ia akan memiliki sistem penguncian ganda. Dengan kata lain, ketika ada seseorang yang berusaha membuka ponsel tersebut, otomatif smartphone akan memoto wajah si pelaku.

    • Menjaga data private

    Jika anda memiliki  data pribadi yang rahasia, anda bisa menyembunyikan data-data tersebut pada ruang privasi

    • Aman dari hacking

    Pencurian data pernah dialami orang-orang. Tak sengaja orang membuka aplikasi yang dimasuki malware sehingga terjadi kebocoran data. Namun pada IDOS menyediakan sistem enkripsi data yang membuat hacker sulit mendapatkan data anda.

    Demikian operating system buatan Indonesia yang harusnya kita apresiasi. Banyak potensi-potensi yang ada di Indonesia ini. jadi banggalah menggunakan produk Indonesia.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Operating System Buatan Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar