Korut Tuntut PBB Bantu Desak AS Kembalikan Kapalnya

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. Korea Utara meminta PBB mendesak Amerika Serikat untuk mengembalikan kapal kargo yang ditangkapnya. (REUTERS/Tote Maritime/Handout via Reuters)

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Korea Utaramenuntut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengambil tindakan tegas terhadap Amerika Serikat (AS). Tuntutan itu muncul setelah penangkapan kapal kargo milik Korut yang diambil oleh AS.

    Tuntutan itu disampaikan dalam sebuah surat yang ditujukan untuk Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

    Dalam surat, perwakilan Pyongyang untuk PBB, Kim Song mengatakan, insiden tersebut merupakan tindakan melanggar hukum yang dilakukan AS kepada pihaknya.

    "Tindakan perampasan ini jelas menunjukkan bahwa Amerika Serikat memang negara 'gangster' yang tidak peduli sama sekali tentang hukum internasional," tulis surat tersebut, melansir AFP.

    Song meminta Guterres untuk mengambil langkah tegas dan mendesak AS untuk mengembalikan kapal kargo Wise Honest milik Korut.

    "Ini cara PBB untuk berkontribusi terhadap stabilitas Semenanjung Korea dan membuktikan keberpihakan mereka," tulis Song.

    Sebelumnya, Washington mengumumkan bahwa pihaknya telah mengambil alih kapal kargo Wise Honest milik Korut.

    Perebutan kapal terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara Korut dan AS setelah jalan buntu pembicaraan nuklir dalam KTT Hanoi pada awal tahun ini.

    Dalam beberapa pekan terakhir, Pyongyang juga diketahui getol melakukan latihan pelemparan rudal jarak pendek. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Korut Tuntut PBB Bantu Desak AS Kembalikan Kapalnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar