Agar Ibadah Puasa Diterima di Bulan Ramadhan, Hindari Kebiasaan Ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai umat muslim tentu saja sudah menjadi kewajiban kita melakukan ibadah baik itu sholat, zakat, berpuasa dan ibadah lainnya. Kita melakukan ibadah tersebut semat-mata hanya mengharapkan ridho Allah dan ibdah tersebut diterima serta mendapatkan pahala dari Allah karena melakukan ibadah tersebut.

    Tentu saja kita tidak menginginkan bahwa ibadah yang sudah kita lakukan tidak diterima dan hanya menjadi amalan yang sia-sia saja. Terlebih saat di bulan Ramadhan ini, semua amalan ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan oleh Allah dan kita tidak ingin ketinggalan kesempatan ini bukan. Kita tidak mau jika capek-capek berpuasa namun hasilnya hanya menahan haus dan lapar saja.

    Memang benar jika kita tidak mengetahui apakah ibadah yang sudah kita lakukan pasti diterima atau tidak oleh Allah SWT. Namun, tetap saja berkaitan dengan puasa harus kamu hindari beberapa kebiasaan ini agar ibadah kamu maksimal dan kita bida mendapatkan pahala jika ibadah tersebut diterima.

    1. Lalai dalam Beribadah

    Lalai beribadah yang dimaksud adalah kita tidak mengerjakan ibadah lainnya selama bulan puasa. Kita hanya menahan haus dan lapar saja tanpa memikirkan melakukan ibadah lainnya. Bahkan karena berpuasa kita hanya sibuk dengan rutinitas-rutinitas dunia tanpa mengerjakan sholat wajib, atau hanya sibuk tidur-tiduran dengan alasan lemas untuk bangkit karena sedang berpuasa.

    1. Pamer atau Riya’

    Mungkin kebiasaan ini tidak kita sadari, sering kita mengupdate status sedang melakukan ibadah atau kita memposting makanan yang hendak kita santap saat berbuka. Meskipun tidak semua orang yang mengupdate statusnya di media sosial tujuannya untuk pamer, karena semua itu tergantung niat. Tapi tetap saja, kurang-kurangilah memposting seputar ibadah atau hal lainnya yang berkaitan untuk menghindari riya’ atau pamer agar ibadah yang kita lakukan tidak sia-sia.

    1. Berlebih-lebihan

    Ketika kita berpuasa mungkin banyak yang terlintas makanan atau minuman yang hendak kita konsumsi untuk berbuka sehingga kita membeli segala macam makanan yang akhirnya tidak kita habiskan. Hal ini harusnya kita hindari, jangan pernah kita berlebih-lebihan dalam makanan atau minuman baik itu saat ingin sahur atau berbuka puasa. Selain makan yang berlebihan membuat kita sakit perut, pahala puasa yang kita perolehpun tentu saja akan berkurang nilainya.

    1. Banyak mengeluh

    Hal ini juga mungkin tidak kita sadari sering dilakukan, kita sering mengeluh saat berpuasa. Baik itu mengatakan “Duh lapar”, “duh capek”, dan ucapan keluhan lainnya. Nah, dari pada kamu mengeluarkan kata-kata keluhan lebih baik kamu merubahnya dengan ucapan yang lebih bermanfaat agar puasa yang kamu jalani akan terasa ringan dan mendapatkan pahala yang baik pula.

    1. Melakukan hal yang dilarang

    Saat berpuasa kita tidak hanya sekedar dilarang makan dan minum saja, namun kita harus berpuasa untuk tidak mengikuti hawa nafsu kita. Saat berpuasa kita dilarang berbohong, juga termasuk dilarang berdua-duaan dengan pasangan yang bukan mahrom, bergosip dan masih banyak hal lainnya yang harus kita jaga selama berpuasa.

    Kebiasaan ini mungkin tidak luput dari kita terutama bergosip terkadang ada saja yang kita perbincangan dengan rekan kita tanpa sadar kita telah menceritakan aib orang lain, tapi kita tetap harus menahannya dan menjaga agar ibadah puasa yang kita jalani tidak akan sia-sia.

    Itulah beberapa hal atau kebiasaan-kebiasaan yang harus kita hindari selama kita menjalankan ibadah puasa agar puasa yang kita jalankan tidak menjadi sia-sia namun menjadi ladang pahala yang diberikan Allah SWT untuk kita.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Agar Ibadah Puasa Diterima di Bulan Ramadhan, Hindari Kebiasaan Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar