Distro Linux Untuk Kebutuhan Kerja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Linux ialah salah satu jenis OS yang open source dan sistem operasi teraman dari virus-virus computer. Jenis OS ini gratis, tidak seperti windows yang berbayar. OS  ini biasanya digunakan untuk server, server hosting sendiri kebanyakan menggunakan linux.

    Linux banyak  sekali menawarkan distro linux yang dapat kamu pakai. Pada umumnya, orang hanya mengetahui Ubuntu sebagai distro linux, namun tanpa kita sadari, masih banyak distro linux yang dikembangkan untuk fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu, kami akan membahas distro linux untuk kebutuhan kerja anda :

    1. Ubuntu untuk PC/laptop

    Ubuntu ialah salah satu distro linux yang cukup popular. Fitur yang ada di Ubuntu ini tidak ada di distro linux lainnya yang membuat Ubuntu lebih memikat. Ubuntu sendiri terbagi menjadi 3 seperti Ubuntu MATE, Lubuntu, dan Xubuntu.

    Ubuntu ini sangat cocok di install pada pc atau laptop. Ubuntu menjalankan layar desktop dengan sangat baik. Penginstallan aplikasi ini juga nyaman. Komunitas distro Ubuntu sangat banyak. Jadi, Ubuntu merupakan salah satu distro yang ada di linux yang bisa anda gunakan.

    1. CentOS untuk server

    Distro linux ini sangat cocok untuk OS server. CentOS bisa dibilang sangat stabil dan kinerja yang diberikan bagus. Dukungan untuk keamanan, perangkat keras, kinerja optimal, dan efisiensi daya. Opsi yang diberikan sangat beragam, berbayar maupun gratis.

    RHEL adalah yang mendukung centOS ini. Keunggulan centOS yaitu gratis, manajemen yang  populer, dukungan yang luas dan jangka waktu panjang. Jika ingin mendirikan sebuah server, anda dapat menggunakan jenis distro linux ini.

    1. Linux mint untuk pemula

    Distro linux ini cukup pesat perkembangannya. Linux mint ini cocok bagi para pemula yang baru ingin menggunakan linux. Kemampuan linux mint tidak bisa diragukan lagi. Komunitas yang besar serta sportif dan juga memiliki akses ke perangkat lunak dari Ubuntu. Anda dapat menggunakan linux mint untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

    1. Steam OS untuk gemers

    Distro linux ini sangat  cocok bagi para gamer. Namun, ketersediaan game pada OS ini masih terbatas sehingga masih minim yang berpindah ke OS ini. tetapi, dalam akhir-akhir ini banyak game yang sudah dirilis. Banyak distro linux, namun hanya steam OS yang cocok bagi para gamer.

    OS ini dibuat oleh perusahaan yang berdistribusi pada game di steam. Pada tahun 2018, distro linux ini telah dirancang untuk bisa memainkan semua game yang ada di steam store.

    1. Debian untuk programmer

    Diantara opsi yang diberikan linux dengan menyediakan banyak distro linux untuk di pakai, debian merupakan pilihan terbaik untuk kalian para programmer. Namun perlu kamu pahami, bahwa debian hanya untuk mereka yang paham linux saja, untuk kalian yang pemula, bisa menggunakan linux mint atau Ubuntu saja.

    1. Ubuntu studio untuk multimedia/editor

    Ubuntu studio ini sudah  dilengkapi oleh GIMP, yaitu aplikasi edit foto. Kalau di windows, aplikasi ini sama dengan photoshop. Dan masih banyak lagi aplikasi untuk mengedit yang fungsinya sama dengan aplikasi editor yang ada di windows. OS ini cocok untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia.

    Aplikasi yang diperoleh nantinya pun gratis alias tidak berbayar. Bagi anda yang berkecimpung di dunia multimedia, anda bisa mencoba Ubuntu studio ini di laptop anda.

    Sekian distro linux yang dapat anda gunakan untuk pekerjaan anda. Pertimbangkan jika anda ingin menggunakan OS lain atau berpindah OS, karena setiap OS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Distro Linux Untuk Kebutuhan Kerja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar