6 Robot Asli Karya Anak Bangsa Indonesia yang Diakui Dunia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apakah kalian sudah tahu kalo dunia Robotika di Negara kita sudah berkembang lama dan telah mendapat pengakuan dari belahan dunia, contohnya Amerika, spanyol, china, Malaysia, Inggris, dan negara lainnya? Lebih hebatnya, beberapa robot yang sudah diakui oleh dunia yang dibuat oleh para remaja kreatif asal Indonesia.

    Kita sebagai warga Indonesia seharusnya bangga dengan karya-karya remaja kreatif ini. Jangan mau kalah saing dengan karya anak muda dari luar negeri. Nah, agar lebih memotivasi, berikut ini kita bakal beri  tahu sebagian karya anak bangsa Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Simak ya!

    1. WOW (Water Wizard)

    Robot ini diciptakan oleh remaja kreatif asal Depok yang tergabung dalam Sekolah Madrasah Technonatura Depok. Robot ini bertemakan Access To Clean Water yang berfungsi untuk membersihkan Sungai. Di dalam robot ini terdapat  fitur yang bisa mendeteksi limbah yang terdapat di sungai.

    Jika robot ini menemukan keberadaan limbah, maka limbah tersebut akan masuk ke dalam robot dan akhirnya dibuang ke tempat sampah. Robot ini telah mengikuti perlombaan First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 yang di selenggarakan di Washington DC, USA.

    2. PENShip

    Kali ini para pemuda yang berasal dari Surabaya mulai unjuk bakatnya dengan menunjukkan hasil dari karyanya. Pemuda-pemuda ini tergabung kedalam Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Robot ini yang bertemakan  Kapal Tak Berawak yang diikutsertakan dalam perlombaan international yang diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat.

    Walaupun robot ini tidak bisa mencapai  juara utama, setidaknya robot ini telah mendapatkan penghargaan dari  "Compact Design Award" atas wujudnya yang relatif lebih kecil dibandingkan peserta lainnya. Padahal robot ini telah meraih 3 kali juara dalam pertandingan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Indonesia (KKCTBI) yang diadakan di dalam negeri. Akan tetapi, Pertama kalinya PENShip mengikuti lomba tingkat International.

    3. Robot Aurora

    Robot Aurora ini di ciptakan oleh salah satu remaja Indonesia yakni Yohanes Surya. Robot ini membawakan tema Militer yang berfungsi untuk menahan atau sebagai benteng untuk menahan serangan lawan. Robot ini dilengkapi dengan fitur AirSoft gun yang berfungsi untuk menyerang lawannya.

    4. Saturn

    Minister Of Defense Grand Challenge (MoD Grand Challenge) ialah perlombaan bergengsi untuk mencari satu teknologi terapan militer yang diadakan oleh Kementrian Pertahanan Inggris. Dan ternyata yang memenangkan perlombaan ini adalah pemuda indonesia ialah Dr. Subchan warga asal Jombang, Jawa Timur bersama timnya adalah, Team Stellar, mereka berhasil memajukan sebuah Teknologi Sensing and Autonomous Tactical Urban Reconnaissance Network (SATURN) dan berhasil meraih MoD Grand Challenge. Robot ini yang berfungsi untuk mengamati dan menyerang musuh, baik di udara dan di darat tanpa ada risiko terlihat atau terdeteksi oleh lawan.

    5. Robot Al-Fatih

    Sebuah tim atau kelompok asal Universitas Gadjah Mada (UGM) telah berhasil meraih Kontes Robot Indonesia 2017 (KRI) dengan membawakan tema Pemadam Kebakaran. Tim yang diberi nama Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) telah berhasil lolos menuju ke perlombaan Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Amerika Serikat pada bulan April 2018 yang lalu.

    Robot ini berguna untuk menemukan titik kobaran api dan memadamkannya dengan cepat. Dengan tingkat error yang sangat-sangat rendah dan dapat menyelesaikan misi dengan sempurna, maka Al-Fatih dipercayai untuk mewakili Indonesia dalam kejuaraan robot tingkat international.

    6. Robot Gegana

    Dari nama robot tersebut pastinya kita sudah mengira siapa yang menciptakan robot ini, Ya, betul, yang menciptakan robot ini ialah kelompok Gegana. Kelompok Gegana sengaja menciptakan robot tersebut untuk menolong menjinakkan bom. Kerena risiko dalam penjinakan bom sangatlah besar, maka robot ini dibuat untuk diciptakan untuk mendeteksi dan menjinakkan bom. Robot ini juga mampu menarik beban seberat 70 kilogram loh.

    Nah, itulah berbagai karya anak bangsa Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya  bangga dengan karya-karya anak bangsa yang telah memajukan teknologi Bangsa Indonesia agar lebih terkenal dan diakui. Apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, Indonesia sudah sepatutnya unjuk keterampilan agar dapat diakui oleh negara-negara lainnya.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 6 Robot Asli Karya Anak Bangsa Indonesia yang Diakui Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar