Minuman Khas Buka Puasa ala Timur Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memasuki bulan ramadhan timur tengah yang bisa dibilang tempat yang memiliki iklim yang terbilang lebih panas sehingga ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan akan membuat muslim disana lebih cepat dehidrasi. Ternyata walaupun dalam kondisi tersebut muslim di Timur Tengah tetap dapat menjalankan puasa Ramadhannya dengan baik dan lancar tentunya, dengan beberapa cara.

    Contoh sederhananya adalah mereka mempunyai minuman khas yang terbukti manjur membantu mereka menjalani puasa tanpa harus takut akan dehidrasi, namun uniknya minuman-minuman ini hanya tersedia selama Ramadhan. Berikut minuman khas buka puasa ala timur tengah :

    1. Kurma dan Susu

    Di beberapa wilayah yang ada di timur tengah yang penduduk nya muslim memakan kurma dan meminum susu adalah sesuatu yang bisa disebut sebagai kebiasaan, kenapa tidak karena Nabi Muhammad SAW juga mengatakan bahwa mengkonsumsi kurma pada saat berbuka dalam bilangan ganjil termasuk ke dalam sunnah dan menyelingi nya dengan meminum susu, oleh karena itu kurma dan susu ini sudah menjadi menu khas berbuka di Timur Tengah tersebut, serta kurma dan susu ini yang dapat digolongkan kepada makanan yang sederhana.

    2. Amar al-Din

    Berikutnya, minuman yang bisa disebut minuman yang paling populer di kawasan jazirah Arab. Minuman ini favorit dikonsumsi oleh muslim disana ketika melaksanakan sahur dan berbuka puasa nantinya, minuman ini mengandung cukup gula sehingga dapat meningkatkan sistem pencernaan, dan pada saat berbuka kandungan gula yang ada pada minuman ini dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang selama mereka menjalani ibadah puasa, beralih dari itu ternyata minuman ini juga mengandung serat yang cukup banyak dan dapat dengan baik membantu metabolisme. Minuman ini terbuat dari aprikot kering dan bisa juga dengan sirup aprikot.

    3. Khoshaf

    Minuman yang satu ini bisa disebut juga minuman yang sudah menjadi tradisi minuman saat berbuka puasa, di Indonesia minuman ini lebih condong bentuknya kepada es buah namun tentunya isi buah-buahan nya akan berbeda dengan di Indonesia, isian buah-buahan khoshaf ini adalah plum, buah ara, kismis, dan aprikot kering. Dalam pembuatannya khoshaf ini buah-buahan tersebut akan dikeringkan terlebih dahalu sebelum direndam semalaman di dalam air dan gula agar kandungan nya meresap dan menciptakan semacam saus lezat dengan rasa yang manis.

    4. Sobia

    Di arab Saudi minuman yang satu ini adalah salah satu minuman khas disana, minuman ini sangat mudah ditemukan pasalnya, banyak pedagang yang menjajakan minuman ini di pinggir jalan. Para pedagang itu biasanya menyediakan minuman ini di dalam suatu plastik minuman. Sobia adalah minuman hasil fermentasi roti cokelat, gula, rempah-rempah, dan barley pada umumnya sobia ini mempunyai warna putih walaupun terkadang ada juga pedagang yang memvariasikan nya menjadi warna merah.

    5. Jallab

    Minuman yang satu ini adalah minuman yang sangat favorit di seluruh timur tengah terkhususnya di Palestina, Lebanon, dan Suriah. Minuman khas ini adalah kombinasi dari molase anggur, air mawar, dan kurma dengan banyak es dalam penyajiannya, jika kamu suka penyajian minuman ini juga dapat dihiasi dengan kismis atau kacang pinus yang ditaburi di atasnya.

    6. Karkadeh

    Selanjutnya adalah karkadeh, minuman ini nikmat jika disajikan dalam keadaan panas maupun dingin, namun ketika bulan Ramadhan minuman ini akan cenderung disajikan dalam keadaan dingin saat ingin berbuka puasa. Biasanya karkadeh ini akan disajikan dalam kaleng khusus minuman, sehingga karkadeh ini akan sangat cocok dijadikan minuman khas saat berbuka puasa. Minuman ini biasanya juga akan dapat kamu temui pada saat pesta pernikahan.

    7. Kharoub

    Minuman ini lebih populer oleh masyarakat mesir minuman ini berasal dari tanaman Carob atau bisa disebut juga Ceratonia Siliqua, minuman ini dianggap dapat menyehatkan tubuh karena mengandung banyak serat sehingga akan lebih bagus di konsumsi ketika sahur namun juga tidak ada salahnya jika kamu konsumsi pada saat berbuka namun itu kembali lagi kepada selera masing-masing.

    Nah, itulah beberapa minuman khas ala timur tengah. Meskipun bahan-bahannya tidak tersedia langsung di Indonesia ada baiknya jika kamu berusaha untuk mencari dan menjadikan minuman ini menu saat berbuka puasa agar akan memberikan kesan yang berbeda pada saat menyantap menu sahur nantinya.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Minuman Khas Buka Puasa ala Timur Tengah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar