Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi anda yang sudah menyelesaikan sekolah, di Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, sepertinya kebanyakan bingung untuk memilih melanjutkan kuliah apa dan jurusan apa. Bagi  anda yang ingin mempunyai suatu rencana untuk melanjutkan perguruan tinggi universitas. Dan kamu tidak perlu bingung mau mengambil jurusan apa, itu semua terganggu niat dan keinginan, kemampuan diri sendiri.

    Berikut faktor penyebab bingung untuk memilih jurusan apa saja.

    1. Ketika masuk SMK mempunyai rasa yang masih ikut-ikutan teman.
    2. Ketika mengambil jurusan tidak sesuai dengan kemampuan dan bakat diri sendiri.
    3. Tidak mempunyai bimbingan terutama dari orang tua, untuk mengarahkan jurusan apa yang cocok untuk anak.
    4. Tidak mempunyai bimbingan dari guru yang berkaitan dengan relevasi jurusan di SMK dan perguruan tinggi.
    5. Keterbatasan peralatan praktik di sekolah yang sangat memadai sehingga siswa tidak bisa praktik dengan jurusannya masing-masing.

    Kebanyakan siswa SMK yang memilih ketika lulus sekolah untuk terjun langsung ke dunia kerja, dan tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Akan tetapi ketika anda melanjutkan ke perguruan tinggi anda akan mendapatkan sertifikat yang sangat membantu memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang dimiliki.

    Jika anda sewaktu SMK jurusan TKJ yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, anda bisa memilih beberapa program studi yang ada di perguruan tinggi antara lain:

    1. Teknik Informatika

    Teknik informatika yaitu teknik yang merupakan kumpulan ilmu yang sangat disiplin. Yaitu pengelolaan data yang dimanfaatkan dengan se-optimal mungkin, dan mempunyai teknologi yang melalui proses-proses logika atau pikiran. Pada teknik informatika ini lebih banyak mengkaji di bidang pemrograman dan komputasi, yaitu rekayasa perangkat lunak atau software yang berbagi di suatu bidang aplikasi dalam berbagai bidang dan usaha teknologi jaringan komputer. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan bagi anda lulusan TKJ Teknik Komputer dan Jaringan.

    1. Teknik Komputer.

    Bagi anda lulusan jurusan TKJ, Teknik Komputer ini termasuk teknik yang sangat disiplin, yang mengkombinasikan antara ilmu komputer dan elektronika. Yaitu di dalam teknik ini seseorang dituntut untuk merancang atau membuat sebuah sistem yang berbasis komputer. Topik yang harus di pelajari untuk teknik komputer adalah. Software, hardware, dan sistem komunikasi.

    1. Sistem Komputer

    Sisem komputer ini Saling berhubungan dengan lulusan jurusan TKJ. Sistem ini sangat mengajarkan tentang kumpulan-kumpulan perangkat komputer yang saling  berhubugan dan saling berinteraksi dengan satu sama lainnya. Yaitu melakukan sebuah proses pengolahan data, sehingga menghasilkan sebuah informasi yang sangat diingikan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat di sistem komputer ini yaitu software dan brainware.

    1. Manajemen Informatika Atau Sistem Informasi

    Jurusan ini mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang sangat efektif dan mencapai sasaran. Jurusan ini juga sangat disiplin, yaitu ilmu yang mencangkup di suatu bidang, dan termasuk di dalam sistem informasi, ilmu komputer , ilmu informasi, teknik komputer, dan aplikasi sistem dari informasi manajemen.

    Nah, bagi anda lulusan TKJ Teknik Komputer dan Jaringan anda tidak perlu bingung untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan mau memilih jurusan apa. Artikel ini sangat merekomendasikan anda untuk memilih jurusan yang apa yang cocok dan sesuai dengan bidang jurusan yang anda miliki.(Nanda)

     

    sumber : https://edipurwanto.com/alasan-memilih-jurusan-tkj.html

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar