Tips Lancar Berpuasa untuk Pekerja Berat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ibadah puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan bagi seluruh muslim di seluruh dunia. Ibadah puasa ini tidak terkecualikan pada pekerja berat, maka puasa bukan lah suatu alasan bagi seorang pekerja berat untuk tidak menjalani puasa Ramadhan, ketika sedang bekerja apalagi ketika siang hari yang merupakan rintangan terbesar karena pada siang hari cairan yang ada pada tubuh akan semakin cepat untuk terkuras, dan dengan tidak adanya asupan makanan di siang hari tentunya juga akan  membuat tubuh para pekerja berat menjadi kurang tenaga. Dan bagaimana sih tips lancar berpuasa untuk pekerja berat? Yuk, simak tips berikut ini:

    1. Perbanyak minum air putih

    Pada umumnya manusia meminum air enam gelas sampai delapan gelas dalam sehari nya, maka bagi kamu pekerja keras kamu harus minum air yang lebih banyak dari normalnya karena ketika siang hari kamu akan membutuhkan banyak cairan agar tubuh tidak menjadi dehidrasi jika kamu tidak dapat meminum air secara langsung enam atau delapan gelas maka ada baiknya jika kamu meminum air secara bertahap, dengan terpenuhi nya asupan air untuk tubuh maka kamu dapat berpuasa dengan lancar tanpa takut tubuh kamu akan mengalami dehidrasi nantinya.

    2. Teguhkan Niat

    Kamu tentu pasti tahu bahwa segala dasar untuk melakukan sesuatu adalah niat, dengan niat kamu akan mempunyai landasan untuk melakukan sesuatu walaupun terdapat rintangan-rintangan dan kamu bisa mengatasi rintangan-rintangan tersebut. Dengan niat kamu akan seolah-olah mendapatkan motivasi untuk menjadi seseorang yang menjadi lebih kuat dalam melakukan sesuatu, tentunya puasa juga termasuk. Jadi kamu yang menjadi seorang pekerja berat dapat menjalani puasa dengan baik, maka dari itu sebaiknya kamu selalu berniat ketika ingin melakukan sesuatu agar kamu dapat melalui tantangan-tantangan dengan baik.

    3. Konsumsi Makanan Berserat

    Nah, tips selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan berserat, makanan berserat yang bisa makan contohnya adalah buah-buah an atau sayur-sayuran. Kamu dapat mengkonsumsi makanan berserat ini ketika sahur maupun berbuka dengan pola yang teratur karena makanan yang memiliki serat ini akan sangat dibutuhkan bagi kamu para pekerja berat dan dengan mengkonsumsi makanan berserat proses pencernaan kamu akan menjadi lancar dan ketika proses pencernaan kamu sudah lancar maka makanan yang kamu konsumsi dapat dicerna dengan baik sehingga tubuh kamu akan tetap berstamina.

    4. Penuhi Kebutuhan Gizi

    Memenuhi kebutuhan gizi bukan berarti kamu mengkonsumsi makanan maupun minuman dalam kadar yang banyak, namun  arti yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi ini adalah makan dan minum yang bisa disebut seperti Empat sehat Lima sempurna, ketika kamu mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi maka makanan itu akan menjadi sia-sia saja. Oleh karena itu kamu harus lebih pintar dan cermat dalam memilih asupan yang seimbang  agar tubuh kamu menjadi lebih mantap menjalani puasa meskipun kamu seorang pekerja berat.

    5. Mengkonsumi Minuman Isotonik

    Tips yang satu ini juga tidak kalah berguna bagi kamu pekerja berat karena di dalam minuman isotonik terdapat ion-ion tertentu yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika kamu menjalani aktivitas maka dari itu dengan mengkonsumsi minuman isotonik cairan tubuh kamu dapat tetap terjaga.  Kamu dapat membeli minuman isotonik ini pada took-toko terdekat maupun di minimarket dan cara lainnya adalah mengkonsumsi air kelapa muda karena air kelapa muda juga bisa dikategorikan kepada minuman isotonik.

    6. Manfaatkan Waktu Tidur

    Tips puasa selanjutnya bagi kamu pekerja berat adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Kamu sebagai pekerja berat sebaiknya menghindar dan tidak melakukan begadang dengan cukup tidur dinding pembuluh darah, jantung, daya tahan tubuh kamu akan menjadi kuat, sehingga jaringan-jaringan lain akan ikut terjaga dalam keadaan yang stabil dan akan siap untuk menjalani puasa nantinya.

    Itulah Tips Lancar Berpuasa Untuk  Pekerja Berat, meskipun kamu mempunyai aktivitas yang berat janganlah kamu menjadikannya sebagai alasan karena pada dasarnya puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dengan berpuasa hal-hal yang anda kerjakan akan menjadi lebih berkah.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Lancar Berpuasa untuk Pekerja Berat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar