Manfaat Puasa Bagi Penderita Kolesterol

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kewajiban umat islam di bulan ramadhan adalah berpuasa. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah, rasanya menyesal bila kita melewati 1 hari tanpa puasa di bulan ramadhan ini. Apakah boleh kita berpuasa saat sedang sakit?? Tentu saja boleh, asalkan kita kuat. Tapi bagaimana dengan penderita kolesterol?? Boleh saja, berpuasa ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Apabila kadar kolesterol kita tinggi, akan mengakibatkan penyakit jantung, stroke, dan sirkulasi darah. Sebenarnya Masih banyak manfaat berpuasa bagi penderita kolesterol, berikut manfaat puasa bagi penderita kolesterol :

    1. Melawan kolesterol jahat

    Kolesterol merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan penderitanya penyakit jantung koroner. Menurut ahli dari AS Kardiovaskular dan epidemiologi genetic dari Intermountain Medical Center Heart institute mengatakan, apabila seseorang berpuasa secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti mengurangi berat badan, dan kadar gula pada darah yang berlebihan.

    Masih kata ahli dari AS puasa juga membantu menaikkan kadar kolesterol baik, sekaligus meningkatkan Human Growth Hormone (HGH). Peningkatan hormon ini mempunyai peranan untuk melindungi otot dan keseimbangan metabolisme seseorang. Ada juga peneliti dari Dubai mengenai tentang puasa, menurut peneliti dari dubai tersebut mengatakan puasa juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mereka memberikan bukti seperti penurunan kandungan trigliserida sekitar 15 persen dan kadar LDL berturun sebanyak 10,9 persen.

    2. Pangkas Resiko Stroke

    Kolesterol yang tinggi tidak hanya berkaitan dengan penyakit jantung saja, tetapi sakit stroke juga mengincar. Dalam waktu panjang kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah. Namun menurut ahli apabila kita berpuasa maka kadar kolesterol pada darah akan berkurang, kemungkinan di sebabkan oleh perubahan pola makan.

    Dengan pola makan itulah jumlah lemak dalam tubuh menjadi menurun. Kamu harus berhati-hati terhadap kadar kolesterol yang tinggi yang mencakup waktu cukup lama. Karna kondisi di kondisi itu bisa menyumbat pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan aterosklerosis. Penyakit ini merupakan peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh menumpuknya plak ateromatus, dan apabila ini berlangsung lama maka penyakit stroke pun akan meningkat.

    3. Menyehatkan jantung

    Manfaat puasa bagi penderita kolesterol yang ke 3 adalah dapat menyehatkan jantung. Jantung merupakan organ tubuh paling penting bagi tubuh manusia. Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Ukuran jantung dapat di ukur dengan kepalan tangan pemiliknya. Dengan berpuasa kesehatan jantung akan meningkat karena mendapat sokongan dari organ lainnya. Sehingga kita terhindar dari penyumbatan pembuluh darah pada jantung dan terhindar dari penyakit stroke.

    4. Mencegah asam urat

    Yang ke 4 adalah dapat mencegah terjadinya asam urat. Asam urat atau yang lebih kita kenal dengan sebutan encok dapat di tandai dengan bengkaknya pada sendi dan akan terasa sakit bila digerakkan, asam urat ini akan sangat menyiksa penderitanya. Biasanya asam urat terjadi pada orang tua, namun ada juga anak-anak mendapat penyakit asam urat.

    Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara berpuasa. Melakukan puasa terbukti dapat menghilangkan asam urat bagi penderitanya dan membuat penyakit ini tidak kambuh lagi. Selain melakukan puasa cara ke dua untuk menghilangkan asam urat adalah dengan mengkonsumsi daun seledri dan juga daun sukun.

    Nah, itulah beberapa manfaat puasa bagi orang yang menderita penyakit kolesterol. Bahkan masih banyak lagi manfaat puasa bagi orang yang menderita penyakit kolesterol. Apabila anda melakukan puasa 2 kali seminggu yaitu pada hari senin dan kamis maka akan tampak perubahan kesehatan pada tubuh anda.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Puasa Bagi Penderita Kolesterol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar