Cara Mengusir Rasa Malas Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rasa haus serta lapar saat berpuasa di bulan suci Ramadhan adalah alasan seseorang untuk bermalas malasan. Apalagi  cuaca yang panas dan terik matahari yang begitu menyengat dan tentunya anda akan lebih malas menggerakkan tubuh karena berpuasa.

    Tetapi jika anda seperti itu berpuasa yakinlah puasa anda tidak  akan mendapatkan keberkahan dari allah swt. Oleh sebab itu tips dan cara mengusir rasa malas berpuasa sbb:

    1. Mempelajari teknik pernapasan

    Anda harus melakukan atau mempelajari teknik pernapasan yang bertujuan untuk supaya oksigen banyak masuk ke dalam sel , otak, dan hati. Pernapasan memiliki 2 jenis yaitu pernapasan lewat hidung dan pernapasan lewat diafragma dan bernapaslah secara teratur. Dengan bernapas dengan teratur oksigen akan menjalankan fungsinya namun jika anda malas bergerak oksigen akan tidak berfungsi dan akibatnya anda akan mudah kelelahan.

    1. Berolahraga Rutin

    Berolahraga rutin merupakan salah satu cara paling cepat ayng membuat seseorang bernapas lebih dalam jika dilakukan dengan benar, ketika berolah raga secara berlebihan anda akan mudah cepat penat dan merasakan haus, olahraga memberikan energi bukan membuat kelelahan. Maka dari itu buatlah jadwal berolahraga secara rutin di bulan Ramadhan seperti berjalan kaki dan lain-lain.

    1. Istirahat yang cukup

    akan cepat kelelahan ketika anda kurang tidur atau tidur yang berlebihan, maka dari itu cobalah menjalani puasa dengan cara tidur lebih awal dan bangun lebih cepat. Dengan itu anda akan banyak mendapatkan waktu untuk beristirahat dan dapat bangun dengan keadaan yang segar. Setelah itu tidur selesai sholat zuhur juga dapat menambah energi untuk melanjutkan puasa pada sore harinya, maka jangan jadikan puasa untuk alasan bermalas malasan.

    1. Tidak berfokus pada rasa lapar dan letih

    Otak dan pemikiran manusia adalah suatu hal yang sangat menakjubkan, manusia bisa menfokuskan pada suatu hal tanpa menghiraukan orang yang ada di dekatnya, contohnya seseorang sedang bermain game di tengah keasyikannya dia tidak mengetahui temannya yang sudah duduk di dekatnya, maka dari itu ketikarasa haus lapar dan Lelah sudah terasa menghantui maka fokuskanlah ke aktivitas yang lain agar puasa tidak batal dan janganbiarkan haus dan lapar bisa mengalahkan anda yang sedang menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan.

    1. Merencanakan kegiatan lain

    Menghindari rasa malas bisa dilakukandengan cara merencanakan kegiatan lain dan menghabiskan waktu dengan suatu hal yang berguna. Keseharian dengan hal-hal yang berguna membantu anda focus pada pekerjaan nya dari pada maknanya karena orang yang berpuasa pasti akan mempertimbangkan energi yang akan keluar, dan tidak hanya itu anda juga bisa mendapatkan pahala tambahan jika anda melakukan hal-hal yang positif.

    1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

    Sahur adalah dimana seorang yang bangun sebelum terbit fajar untuk melaksanakan makan sahur yang berguna untuk ketika berpuasa nanti tidak sangat merasakan haus dan lapar, sebagian orang cenderung makan sahur sedikit dan cepat-cepat maka dari itu anda harus merubahnya agar di siang harinya anda tidak akan merasakan kelelahan . aturan makanan menu sahur seperti, daging, telur, buah buahan, dan sayuran.

    1. Jauhkan diri dari hal yang menyebabkan kemalasan

    Ibadah puasa banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan kemalasan, maka dari itu jauhkan diri anda dari hal-hal yang menyebabkan kemalasan seperti tv, hp, dan game atau banyak lagi hal-hal yang menyebabkan kemalasan.

    Perlu diketahui beraktivitas di bulan ramadhan banyak menguras tenaga. Agar tetap fit dan tidak merasakan lemas saat puasa anda perlu mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari dan perbanyak mengkonsumsi makanan sehat agar stamina tetap terjaga dalam melakukan aktivitas sehari hari.(Satria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengusir Rasa Malas Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar