Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Program Studi Arkeologi adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang hal yang telah lampau beserta peninggalan-peninggalan yang ada. Prospek kerja jurusan ini bisa dibilang terfokus pada bidang penelitian, yaitu penelitian berbagai macam benda arkeologi, Jurusan Arkeologi ini muncul mungkin karena mulai tingginya kesadaran masyarakat pada bidang sejarah dan peninggalan masa lampau yang masih tersisa. Program studi ini menjadi populer karena tingkat penasaran masyarakat umum terhadap sejarah yang sangat tinggi.

    Pada saat anda kuliah di bidang Arkeologi, ilmu ini dibagi menjadi beberapa mata kuliah, yakni: Arkeologi Arsitektur, Arkeologi Pariwisata, Arkeologi Lingkungan, Arkeologi Sosial, Kepurbakalaan, Ikonografi, Prasejarah, Keramologi, dan lain-lain. Ada banyak sekali Universitas-universitas di Indonesia yang memiliki bidang Arkeologi ini. Bidang ini sudah mulai di lirik masyarakat umum mengingat kepopuleran bidang ini.

    1. Arkeologi / Balai Arkeologi

    Hal yang ada dipikiran anda saat mendengar kata Arkeologi pasti seorang Arkeolog, yaitu orang yang meneliti benda dan segala macam hal yang memiliki hubungan dengan peninggalan-peninggalan dari kebudayaan masa lampau. Kamu tentu bisa menjadi sosok Arkeolog ini secara sendiri atau anda juga bisa bekerja di tempat yang sudah ada yaitu Balai Arkeologi. Dengan menjadi seorang arkeologi, anda bisa saja mendapatkan penghasilan yang sangat-sangat tinggi.

    1. Lembaga Penelitian

    Disini kamu juga bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian yaitu seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau bisa disingkat LIPI. Selain itu ada juga lembaga penelitian lain seperti Arkeologi Nasional (ARKENAS) dan masih banyak lagi. Dengan masuk ke Lembaga-lembaga ini, kegiatan anda bisa lebih teratur dan terstruktur. Dengan masuk ke Lembaga Penelitian ini, tentu saja anda bisa mendapatkan penghasilan yang “Lumayan” untuk kebutuhan sehari hari kamu.
     

    1. Tenaga Pengajar atau Akademisi

    Jika kamu memiliki gairah untuk belajar serta mengajar, disini kamu juga bisa menjadi akademisi dengan menjadi seorang tenaga pengajar dosen dari Universitas yang memiliki program studi serupa yakni Arkeologi. Hal ini cukup banyak ditekuni orang-orang karena penghasilan yang bisa dibilang tinggi. Tidak cuma belajar saja, disini kamu juga bisa mengajar. Mengingat penghasilan yang bisa dibilang tinggi tadi, hal ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang memiliki passion mengajar.

    1. Instansi Pemerintahan

    Kamu juga bisa memilih PNS sebagai pilihan kamu. Banyak lembaga pemerintahan yang tepat untuk kompetensi yang kamu tekuni ini, antara lain yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pusat Perawatan Arsip, dan Balai Pelestarian Purbakala serta Instansi lainnya. Penghasilannya pun tak kalah tinggi dari poin-poin diatas. Namun untuk masuk ke Instansi Pemerintahan yang ini bisa dibilang  cukup sulit, karena ketatnya persaingan yang ada.

    1. Jurnalis

    Jurnalis tentu tidak asing lagi di telinga kamu. Kamu bisa saja menjadi jurnalis di media, salah satunya media elektronik. Hal ini mudah tersebar luas di masyarakat karena topik Arkeologi selalu menjadi topik utama di berbagai media, salah satunya adalah media National Geographic. Pasti orang yang penasaran tentang ilmu Arkeologi ini tak asing lagi dengan nama National Geographic ini. Dengan menjadi seorang jurnalis, anda bisa berkesempatan bekerja sama dengan media ini. Tentunya dengan bayaran yang sangatlah tinggi.

    1. Museum

    Pernah kebayang tidak jika kamu bisa bekerja di sebuah museum. Museum sendiri adalah tempat dimana benda-benda bersejarah yang sangat berharga tersimpan dengan rapi dan bisa juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Di museumlah barang-barang langka ada dan pastinya kamu jarang melihatnya ataupun belum pernah melihat benda tersebut sebelumnya. Tempat ini bisa menjadi tempat kamu bekerja jika kamu benar-benar menyukai ilmu arkeologi, dan tentunya untuk bisa bekerja di museum, setidaknya anda memiliki jejak pendidikan Arkeologi juga.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Arkeologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar