Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setelah lulus dari SMA kamu pasti akan memilih jurusan yang dirasa cocok dengan kemampuan yang kamu miliki agar kamu tidak merasa salah ketika sudah duduk di Universitas yang dipilih Berikut Jurusan-Jurusan IPA yang jarang diminati :

    1. Teknik Planologi

    Jika kamu masih merasa ragu/bingung dalam mengambil jurusan kuliah selepas tamat dari SMA, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan jurusan teknik Planologi ini. Jurusan ini mempelajari tentang wilayah atau kota beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jika kamu berminat rekomendasi kampus untuk jurusan ini adalah ITB,ITS atau UB Malang karena kampus ini memilki akreditasi yang lumayan baik yaitu A. Dan juga peluang kerja untuk lulusan jurusan ini lumayan luas misalnya saja bekerja  atau di perusahaan.

    2. Meteorologi

    Jurusan meteorologi mungkin menjadi jurusan yang jarang didengar karena tidak sepopuler jurusan teknik. Namun peluang kerja pada jurusan ini sangat lah luas karena hanya sedikit kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Pada jurusan ini akan menekankan pada bumi dan serta gejala-gejalanya. Dalam perkuliahan jurusan ini akan memberikan mu beberapa konsentrasi seperti meteorologi pertanian, penerbangan, militer, maritim, dan hidrometeorologi.

    3. Ilmu Kelautan

    Jika kamu adalah salah satu pecinta alam dan tertarik dengan kelautan tidak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan jurusan yang satu ini jurusan ini mempelajari segala hal tentang laut mulai dari makhluk hidup, gelombang, dan yang berhubungan dengan laut. Tidak semua universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini sehingga kamu bisa mencarinya di ITS, Universitas Brawijaya, atau di Institut Teknologi Bandung.

    4. Ilmu kehutanan

    Ingin mengetahui cara dan ingin melindungi hutan? Cobalah mendaftar di jurusan kehutanan ini. Serta di Indonesia ini banyak sekali hutannya jadi kita dapat mempraktekan ilmu yang didapat pada hutan-hutan di Indonesia. Namun tidak bisa ditutup kemungkinan peluang untuk jurusan ini makin lama makin kurang karena hutan-hutan yang ada dijadikan lahan dan lain sebagainya. Kamu bisa belajar banyak hal selama menjalani studi di jurusan ini baik itu untuk kepentingan pribadi maupun bernegara hingga kebijakan untuk mensejahterakan masyarakat di lingkungan sekitar hutan.

    5. Teknologi Hasil Hutan

    Jurusan Teknologi hasil hutan memang bukan jurusan yang dinilai popular bagi sebagian anak SMA, karena mayoritas anak SMA lebih bercita-cita menjadi seorang dokter atau masuk jurusan teknik. Sebenarnya jurusan ini dapat menjadi solusi masalah kehutanan yang semakin sempit di Indonesia. Tetapi sayangnya peminatnya masih belum banyak.

    Selama di jurusan ini kamu akan diajarkan banyak hal tentang bagaimana cara menghasilkan produk hasil kehutanan yang menghasilkan manfaat baik untuk hutan maupun diri sendiri. Setelah lulus jurusan ini peluang kerja yang dapat kamu sangat beragam seperti sebagai ahli konservasi tanah dan air, seorang pengawas hutan, ahli konservasi hutan, manajer ilmu alam, hingga spesialis konservasi alam.

    6. Penyuluhan dan komunikasi pertanian

    Jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian akan menjadikan lulusannya paten pada bidang pertanian pada dasarnya jurusan ini adalah turunan fakultas pertanian yang tugasnya memberikan penyuluhan kepada petani agar mengolah ladang ataupun sawahnya dengan cara yang lebih baik lagi, namun jika kamu lulus pada jurusan ini bayangkan saja kamu akan memberikan informasi yang sangat berharga bagi banyak petani agar meningkatkan hasil ladang atau sawahnya. Dengan meningkatnya hasil produksi petani akan mengangkat kesejahteraan petani serta kesejahteraan masyarakat luas.

    7. Teknik Astronomi

    Jurusan ini sangatlah cocok bagi kamu yang suka mengamati bintang, mempelajari alam semesta, serta hanya menyukai mengamati hal-hal yang ada di langit. Beberapa alasan tersebut dapat kamu jadikan alas an memilih jurusan ini. Namun pada kalangan tertentu mereka berfikir pada jurusan ini akan mempelajari ramalan bintang atau astrologi sehingga ketika lulus kamu akan menjadi peramal, tenang saja ketika lulus pada dasarnya kamu tidak akan menjadi peramal. Sedangkan untuk peluang jurusan ini memang tidak dibutuhkan banyak, jadi peminatnya tidak banyak. Meskipun begitu setelah lulus nanti kamu bisa bekerja diinstansi pemerintah maupun swasta.

    Nah,dari pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan kamu atau menjadi tertarik dengan jurusan diatas?(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar