Mengapa Kita Mengantuk Ketika Merasa Bosan?

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi mengantuk. (Foto: shutterstock)

    LancangKuning.Com, Jakarta - Saat melakukan kegiatan sehari-hari, nggak jarang rasa bosanmelanda. Apalagi jika sedang melakukan pekerjaan yang sifatnya monoton, duh pasti bosan banget.

    Ketika bosan, rasa kantuk melanda. Ngantuknya pun jadi bertambah dua kali lipat ketika sedang puasa. Hm.. kira-kira kenapa ya kita mengantuk ketika merasa bosan?

    Sebagai manusia, kita sering melawan rasa kantuk dan tetap terjaga ketika perhatian diperlukan. Tetapi nggak jarang pula mengalami keinginan yang tidak terhindarkan untuk tidur dalam situasi yang membosankan.

    Sebuah jurnal yang dipublikasikan di Nature Communications menemukan bagian otak yang berhubungan dengan motivasi dan kesenangan atau disebut dengan nucleus accumbens, juga dapat merangsang tidur. Temuan ini juga menjelaskan mengapa kita memiliki kecenderungan untuk tertidur ketika bosan.

    Para peneliti dari University of Tsukuba's International Institute for Integrative Sleep Medicine (WPI-IIIS) dan Departemen Farmakologi Universitas Fudan menggunakan teknik chemo-genetik dan optik untuk mengontrol aktivitas nukleus accumbens neuron dan perilaku mereka dari jarak jauh.

    Baca Juga: Agar Makin Afdal, Ini 10 Amalan Bulan Ramadan yang Sangat Dianjurkan

    Hasilnya, tim penelitian ini menemukan bahwa nukleus accumbens neuron memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk menginduksi tidur yang tidak dapat dibedakan dari komponen utama tidur alami, yang dikenal sebagai tidur gelombang lambat dari rangsangan otak.

    "Adenosin somnogen klasik adalah kandidat kuat untuk membangkitkan efek tidur pada nucleus accumbens," kata Yo Oishi, penulis utama proyek ini, dikutip dari Science Daily.

    Adenosin telah lama diketahui sebagai suatu keadaan yang mewakili kekurangan energi dan dapat merangsang kantuk dan lelah. Hal ini sering disebabkan karena mekanisme otak yang mengatur tidur yang dipengaruhi oleh faktor kognitif dan emosional kadang tidak dipahami dengan baik. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengapa Kita Mengantuk Ketika Merasa Bosan?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar