Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Agroteknologi merupakan jurusan yang mengajarkan tentang mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman dengan prinsip pertanian untuk jangka panjang. Banyak orang bertanya pekerjaan apa yang akan kamu dapatkan jika lulus dari jurusan agroteknologi. Nah untuk itu kita akan membahas peluang pekerjaan yang akan kamu peroleh sebagai lulusan agroteknologi.

    1. Peneliti

    Ilmu yang kamu peroleh di jurusan ini bisa kamu terapkan sebagai seorang peneliti. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang hobi meneliti dan melakukan riset. Gaji sorang peneliti cukup tinggi loh sekitar 7-20 juta rupiah.

    1. Akademika

    Kamu bisa menjadi seorang dosen ataupun akademik. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang ingin membagikan ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah di jurusan agroteknologi. Gaji sebagai seorang dosen sekitar 5 juta dan akan meningkat sesuai dengan kemampuan dan pengalaman serta prestasi kamu.

    1. Konsultan pertanian

    Kamu bisa menjadi konsultan pertanian yang akan memberikan saran dalam industri pertanian. Kamu dapat memulai dengan sektor industri kecil dan kemudian ditingkatkan menjadi skala besar. Gaji konsultan pertanian sekitar 5 juta untuk pemula.

    1. Bekerja di sektor industri

    Kamu juga bisa menerapkan langsung ilmu kamu dengan bekerja di sektor industri. Industri pertanian di Indonesia sangat banyak. Biasanya gaji sektor ini sekitar 5 juta dan akan meningkat sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kamu.

    1. Bekerja bersama pemerintah

    Kamu juga bisa berkerja sama dengan pemerintahseperti manajer pupuk dan peptisida basional, peneliti, pengembangan pemerintahan, dan masih banyak yang lainnya lagi. Gaji yang akan didapatkan tergantung dengan posisi dan kondisi, untuk pemula gaji sekitar 5 juta.

    1. Pebisnis

    Lulusan agroteknologi sangat memiliki peluang besar menjadi pebisnis lo. Kamu bisa berbisnis produk yang berhubungan dengan agroteknologi dan mendapatkan keuntungan yang banyak dan tidak terbatas dengan bisnis kamu.

    1. Pengelola perkebunan

    Kamu bisa menjadi pengelola perkebunan. Sebagai pengelola perkebunan bertugas untuk mengurus perkebunan dengan baik yang mana perkebunan ini milik swasta dan pemerintah. Untuk gaji yang bisa didapatkan yaitu 5-7 juta.

    1. Surveyor

    Kamu bisa menjadi surveyor yang bekerja di Badan Koordinasi Survei dan di Badan Pertahanan Nasional. Untuk bekerja sebagai surveyor kamu akan memperoleh gaji sekitar 5-8 juta per bulan.

    1. Bekerja di industri pangan

    Jurusan agroteknologi memilki kaitan erat dengan pengelolaan pangan. Tentu kamu bisa bekerja di perusahan yang bergerak di sektor pangan. Gaji yang ditawarkan sekitar 5 juta sampai 10 juta per bulan.

    1. Bekerja di bank

    Untuk pekerja ini memang tidak ada hubungan dengan ilmu agroteknologi namun pekerjaan ini sangat terbuka untuk kamu lulusan agroteknologi. Dengan gaji 5 juta untuk yang fresh graduate. Dan akan meningkat sesuai dengan posisi dan pengalaman yang kamu punya.

    Itulah beberapa pekerjaan yang bisa kamu peroleh sebagai lulusan agroteknologi. Untuk memiliki karir yang baik kamu harus mempersiapkan diri kamu dengan baik tentunya. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai acuan untuk memilih jurusan kuliah bagi lulusan SMA sederajat atau memilih pekerjaan bagi lulusan agroteknologi.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar