Danau Indah yang Ada di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Riau ialah provinsi yang terletak di pulau Sumatra. Riau memiliki keunikan yang beranekaragam. Mulai dari kuliner khas, sejarah, prasasti dan juga objek wisatanya. Hampir 56% dari 18,586 juta hektar hutan rawa Indonesia berada di Riau. Maka, tak heran jika di Riau banyak terdapat hutan rawa.

    Kali ini, lancangkuning.com akan membahas danau yang ada di Riau. Jika anda ingin berkunjung atau berliburan di tempat yang mungkin belum pernah anda datangi, informasi ini akan membantu anda untuk mengetahui danau-danau yang ada di Riau ini.

    Adapun danau yang ada di Riau ialah :

    1. Danau Buatan

    Danau ini terdapat di Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, riau. Danau ini dulunya ialah bendungan yang bertujuan untuk mengairi daerah yang ada di sekitarnya. Pemandangannya yang ini mampu menarik wisatawan. Pohon yang menjulang tinggi mengelilingi Danau Limbungan ini. keadaan alamnya yang indah dan bersih membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di Danau ini.

    Danau Limbungan telah dilengkapi fasilitas umum seperti, mushola, toilet umum, warung makan, dan masih banyak lagi. Fasilitas ini disediakan untuk menjamin kenyamanan wisatawan pada saat berkunjung, sehingga wisatawan yang sudah berkunjung akan tertarik untuk berkunjung kembali ke Danau Limbungan.

    Jarak antara Danau Limbungan dengan Kota Pekanbaru tidak terlalu jauh, sekitar 15 Km dengan waktu kurang lebih 30 menit. Danau ini rekomendasi untuk anda yang ini menikmati suasana akhir pekan yang nyaman dengan keluarga, teman, ataupun partner hidup.

    1. Danau  Tajwid

    Danau Tajwid berada di Kelurahan Langgam, Kecamatan Bandar Seikijang, Kabupaten Pelalawan. Danau ini termasuk objek wisata baru yang ada di Provinsi Riau. Danau Tajwid baru di buka pada tanggal 21 Agustus 2018 kemarin. Tempatnya yang masih asri membuat udara disini sangat segar.

    Di Danau ini memiliki ikan air tawar yang cukup banyak.  Masyarakat sekitar  memanfaatkan danau ini sebagai sumber mata pencaharian mereka sehari-hari. Banyak terdapat pepohonan rindang di bibir danau sehingga membuat wisatawan yang datang dapat bersantai dengan keluarga atau teman.

    Danau Tajwid ini banyak terdapat hewan-hewan seperti monyet, burung bangau, dan masih banyak lagi. Waktu tempuh untuk datang ke Danau Tajwid dari Kota Pekanbaru sekitar 45 menit.

    1. Danau Raja

    Danau ini terletak di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Danau ini menawarkan pemandangan yang indah. Selain menawarkan pemandangan yang indah, mitos akan danau ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

    Jika anda ingin datang ke danau ini dari Kota Pekanbaru, Anda harus menempuh waktu 3 sampai 4 jam. Waktu segitu akan terbayar jika anda sudah sampai di Danau Raja ini.

    1. Danau Bingkuang

    Danau ini terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Lokasinya tepat di pinggir jalan lintas Pekanbaru – Sumbar (Sumatra Barat) / Sumut (Sumatra Utara). Di danau ini terdapat 2 jembatan yang disebut jembatan kembar. Danau ini biasanya di jadikan tempat mandi balimau menjelang Bulan Ramadhan.

    Piknik bersama keluarga akan terasa menyenangkan jika anda berkunjung kesini. Suasana nya yang masih asri membuat keluarga merasa nyaman. Dari Pekanbaru Hanya berkisar 30 menit. Di danau tersebut kita bisa memancing ikan. Disini juga menjual oleh-oleh untuk di bawak pulang ke rumah.

    1. Danau Zamrud

    Danau Zamrud berada di Kabupaten Siak, Riau. Danau ini terbagi dua, yaitu Danau besar dan Danau Bawah. Danau Besar memiliki luas 2,416 hektar dan dan Danau Bawah memiliki luas 360 hektar. Kedua  danau ini sama-sama berada di Desa Zamrud dan lokasinya yang berdekatan sehingga disebut Danau Zamrud.

    Di danau ini hidup berbagai jenis pohon, tetapi lebih di dominasi oleh pohon meranti. Tak hanya  itu, Danau Zamrud juga di huni oleh berbagai jenis satwa dilindungi, antara lain harimau Sumatra, napu, beruang madu, buaya muara dan masih banyak lagi. Kawasan ini sangat penting untuk manusia, karena kawasan danau ini merupakan saran konservasi hayati dan hal lainnya yang berhubungan dengan alam.

    Jika anda ingin berliburan ke Danau Zamrud, jangan lupa membawa sanak saudara anda agar mereka lebih mengenal keanekaragaman tumbuhan dana hewan yang ada di danau ini.

    Sekian danau di Riau yang dapat lancangkuning.com paparkan. Semua danau tersebut berada di Provinsi Riau sehingga anda tidak perlu keluar Provinsi untuk berliburan ke danau. Siapkan rencana anda untuk berliburan ke salah satu danau tersebut.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Danau Indah yang Ada di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar