Kelebihan Dan Kekurangan SMA dan SMK

Daftar Isi

    Kelebihan Dan Kekurangan SMA dan SMK - Apabila membicarakan mengenai  sekolah tingkat SLTA merupakan hal yang sangat menarik untuk dibicarakan pada saat kenaikan kelas. Khususnya pada anak kelas 3 SMP yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA atau SMK. Sebelum masuk ke SMA atau SMK, sebaiknya terlebih dahulu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan SMA dan SMK. Maka dari itu, saya akan menjelaskan kekurangan dan kelebihan SMA maupun SMK, antara lain :

    1. Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

    Kelebihan SMA

    1. Materi Pembelajarannya Lebih Luas dibandingkan SMK

    Pada bidang pendidikan, di SMA Materi pembelajarannya sangat luas dibandingkan dengan SMK. Biasanya di SMA ini hanya terdapat dua ataupun tiga jurusan saja yaitu, IPA, IPS dan Bahasa. Dari jurusan tersebut bisa mencangkup semua aspek, misalnya untuk jurusan IPA bisa mengambil ilmu Kedokteran, Teknik Sipil dan lainnya. Sedangkan untuk IPS bisa mengambil Ilmu Hukum, Akuntansi, Sosiologi, Sejarah dan lainnya, begitu juga dengan jurusan Bahasa, juga bisa mengambil Sastra Bahasa Indonesia dan dapat juga mendalami Ilmu Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin dan lain sebagainya.

    1. Waktunya lebih banyak bersama teman –teman

    Dikalangan SMA ini, sudah banyak Organisasi yang ada di dalam Internal School yang menawarkan kepada siswa agar mengikuti organisasi seperti salah satunya adalah OSIS. Biasanya anggota Organisasi ini harus bisa berbicara didepan umum atau seluruh guru maupun siswa yang ada di dalam sekolah. Oleh Karena itu, hal tersebut untuk membantu siswa agar bisa berbicara langsung didepan Public ( Speaking Public) dan dapat membantu melatih mental anak – anak dalam berbicara serta dapat meningkatkan potensi semangat dalam belajar. Selain itu juga, dapat berinteraksi langsung atau bersosialisasi kepada teman terutama pada kakak maupun adik kelas.

    Kekurangan SMA

    1. Banyaknya pelajaran sehingga membuat siswa pusing karena SMA ini Bersifat Umum

    Selain kelebihan diatas itu mencangkup semua materi yang ada di SMA yang begitu luas, sehingga dari situlah banyak masalah yang dihadapi oleh siswa SMA. Karena siswa SMA ini tidak mampu menampung materi atau pelajaran yang begitu banyak. Sehingga hal tersebut dapat membuat siswa SMA itu drop dari salah satu mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuannya.

    1. Susah mencari Pekerjaan setelah Lulus

    Memang sudah banyak dari sebagian orang ketika lulus tidak mendapat pekerjaan dan tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Apabila setelah Lulus dari SMA ini sangat sulit untuk mendapat sebuah pekerjaan. Dikarenakan di SMA ini pembelajarannya lebih banyak ke Materi dibandingkan Praktek langsung ke Lapangan.

    1. Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

    Kelebihan SMK

    1. Menjerumus pada satu Bidang

    Seperti yang telah diketahui, di SMK ini lebih ditekankan untuk bisa terfokus pada satu bidang saja sama seperti kuliah. Misalnya pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak hanya terfokus dalam pembuatan Website atau Programmer saja walaupun ada pelajaran Matematika maupun Bahasa Indonesia. Selain yang bukan mengenai jurusan, pelajaran yang terdapat di SMK itu hanya dijadikan sebagai sampingan saja dan untuk menambah ilmu dan juga nilai. Anak SMK ini lebih terjunlangsung ke lapangan.

    1. Memiliki pengalaman dalam Bekerja

    Di SMK, lebih difokuskan  dalam melatih kerja agar mendapatkan pengalaman dalam bekerja atau biasanya langsung diterjunkan ke dunia Industri atau biasa disebut Prakerin / Magang. Sehingga anak SMK tersebut mendapatkan pengalaman kerja sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

    Kekurangan SMK

    1. Sangat terbatas pilihan jurusan ketika kuliah

    SMK ini memang sudah banyak terdapat berbagai jurusan, salah satunya yaitu Tata Boga. Akan tetapi, bagaimana apabila seorang lulusan dari jurusan Tata boga ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengambil Jurusan Teknik? Hal itulah yang dijadikan permasalahan. Karena Jurusan yang ingin dipilih tidak sama dengan Jurusan yang sudah dipelajari di SMK. Alangkah baiknya, jika lulusan Tata boga seharusnya harus mengambil jurusan yang mengenai Tata boga tersebut agar dapat melanjutkan pembelajaran di Perguruan Tinggi. Apabila seorang lulusan Tata boga ingin memilih jurusan Teknik, banyak sekali yang harus di pelajari dan mengulang pelajaran dari awal.

    1. Kurangnya waktu bersama teman – teman

    Di SMK ini lebih terfokus ke satu bidang saja. Sehingga siswa SMK ini tidak memiliki banyak waktu untuk temannya dikarenakan siswa SMK ini lebih difokuskan di dalam dunia pekerjaan. Waktu bersama teman hanya ada di sekolah saja, sedangkan apabila ingin berjumpa diluar sekolah hanya pada hari libur saja.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan SMA dan SMK
    Sangat Suka

    10%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    37%

    Tidak Peduli

    32%

    Marah

    3%

    Komentar