Gejala Penderita Sakit Ginjal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada umumnya, gejala awal penyakit ginjal sakitnya tidak mudah dikenali. Gejala Ginjal akn jelas apabila sudah kronis. Fungsi ginjal sebagai organ tubuh Ekskresi ini dapat mengganggu apabila penyakit tersebut tidak segera diobati. Gejala Sakit Ginjal ini biasanya tergantung pada jenis penyakit. Berikut ini Gejala bagi penderita sakit ginjal, antara lain sebagai berikut :

    Gatal Berlebihan

    Gejala penyakit Ginjal ini menimbulkan terjadinya penumpukan kotoran atau juga sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh akan terasa gatal yang sangat berlebihan. Apabila gatal terus menerus terjadi sehingga mengakibatkan luka. Selain itu, rasa gatal ini ini biasanya disertai dengan adanya pembengkakan pada bagian tubuh, salah satunya adalah di bagian tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan di bagian tubuh lainnya juga.

    Sesak Napas

    Apabila Fungsi ginjal tidak dapat berfungdi secara baik maka akan menyebabkan berlebihnya cairan sehingga dapat menutup paru – paru dan akan merasakan susah untuk bernapas. Selain itu juga, Kurannya Oksigen yang membawa sel – sel darah merah dapat mengakibatkan tubuh akan kekurangan oksigen dan kehabisan napas.

    Tubuh akan terasa dingin

    Anemia ini juga sangat berhubungan dengan gejala penyakit ginjal. Anemian ini juga dapat mengakibatkan tubuh akan terasa dingin. Bagi penderita sakit Ginjal biasanya tubuh akan terasa sangat dingin dan menggigil pada malam hari.

    Kepala terasa pusing sehingga sangat sult untuk berkosentrasi

     Salah satu gejala penyakit ginjal yaitu Anemia. Pada saat Anemia, otak tidak dapat memperoleh Oksigen. Kondisi ini akan dapat mengakibatkan kepala akan terasa agak pusing dan sulit untuk berkonsentrasi. Pusing yang sudah parah dapat menyebabkan tubuh akan merasakan kehilangan keseimbangan pada saat berjalan.

    Sakit di sekitar daerah pinggang

    Gejala ginjal ini biasanya dapat dirasakan di bagian pinggang. Ada beberapa orang yang bermasalah pada ginjal akan mengalami sakit pinggang. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Walaupun penyakit batu ginjal ini tidak menunjukkan gejala apa pun, akan tetapi dapat merasakan sakit jika ginjal sudah terjebak dalam Ureter. Rasanya nyeri biasanya hanya sesekali, setelah itu rasa sakit itu akan lanjut sangat sering dan juga lama.

    Gangguan Hormon

    Gejala Ginjal ini juga bisa dilihat dari Produksi Hormon sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu juga, gejala penyakit ginjal pada anak yaitu mereka mudah mengantuk, nafsu makannya berkurang, meningkatnya kelelahan pada tubuh sehingga proses pertumbuhan sangat lambat.

    Napas tidak sedap

    Gejala Ginjal ini juga bisa dilihat  dari rasa pada mulut tidak enak atau pun di bgaian lidah. Seseorang apabila ginjalnya tidak dapat bekerja secara optimal, maka akan rasa besi di bagian mulutnya.  Hal ini juga dapat memicu pada napas yang kurang sedap sehingga menurunnya nafsu makan.

    Tubuh akan terasa lemas

    Ginjal orang yang  sehat akan memproduksi EPO (Erythropoitein). EPO ini bisa meningkatkan sel darah  merah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen di bagian tubuh. Apabila kurangnya EPO pada ginjal yang bermasalah maka akan dapat mengakibatkan badan terasa lemas. Lemas yang sudah parah juga termasuk gejala dari Anemia.

    Mual dan Muntah

    Racun yang berkumpul di dalam darah juga bisa mengakibatkan rasa di tubuh akan terganggu sehingga menyebabkan mual dan muntah. Mual dan juga muntah juga termasuk tanda – tanda terjadinya  ISK (Infeksi Saluran Kencing).

    Punggung bawah agak terasa nyeri

    Gejala Ginjal yang bermasalah dapat menyebabkan nyeri di bagian punggung belakang. Nyeri ini merupakan akibat adanya batu ginjal maupun ISK.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gejala Penderita Sakit Ginjal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar