'Pentingnya Pertolongan Pertama'

Daftar Isi


    Foto: Rumah zakat Pekanbaru

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Relawan Rumah Zakat Action Pekanbaru mengadakan kegiatan kampus relawan, bertempat di Saung Unri jembatan kupu-kupu pada hari Ahad 21 April 2019.
    Dengan  bertemakan “Penting nya pertolongan Pertama”

    kegiatan ini dihadiri kurang lebih 30 peserta, tujuan diadakan nya Kampus Relawan adalah untuk memberikan edukasi kepada para relawan untuk melatih kesiapan saat aksi dilapangan sedang berlangsung, terutama bagaimana cara menangani korban saat tim kesehatan atau tim penolong belum berada di lokasi kejadian.  Kegiatan ini berlangsung dari pukul 14.00 WIB s/d 17.00 WIB.

    Ada tiga materi yang dibahas dalam agenda kampus relawan ini diantaranya
    1. BHD ( Bantuan Hidup Dasar) yang di sampaikan Abdul Hanan.
    2. kemudian materi RJP (Resusitasi  Jantung Paru) yang disampaikan Fahmi.
    3. dan terakhir manajemen packing oleh Suardi.

    Pada materi pertama,
    Abdul Hanan menjelaskan tentang materi BHD (Bantuan hidup dasar) dimana pada penjelasannya ia mengatakan “pertolongan pertama yang diberikan kepada orang yang mengalami trauma atau penyakit yang mengancam nyawa sampai perawatan medis dapat diberikan di fasilitas kesehatan”.
    Dilanjutkan dengan materi kedua RJP oleh Fahmi, pada materi ini lebih banyak praktek yang diperlihatkan agar memudahkan penjelasan materi.

    Selain dari mengedukasi, tujuan diadakan kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk persiapan VBT (Volunteers Basic Trainig). Dengan harapan bahwa para relawan sudah memiliki bekal tentang bagaimana cara mengatasi korban saat berada di situasi yang tidak memungkinkan dan siap untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Husin)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 'Pentingnya Pertolongan Pertama'
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar