Penyebab Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Diabetes ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan Metabolisme menahun akibat adanya Pankreas yang tidak mampu memproduksi Insulin dengan cukup atau tidak sanggup menggunakan Insulin dengan cukup. Insulin  adalah Hormon yang mempunyai fungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya fungsi tersebut, tubuh kita dapat terbebani karena akibat kadar gula yang cukup tinggi.

    Apabila kadar gula yang terdapat di dalam tubuh ini menumpuk dan tidak dapat diserap dengan baik, maka akan menyebabkan berbagai macam gangguan pada oran tubuh kita (Penderita). Apabila tidak pernah dikontrol, maka penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Berikut in adalah penyebab Diabetes sebagai berikut :

     Penyebab Diabetes

    1. Banyak mengkonsumsi Teh Manis

    Karena asupan gula yang sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan kadar gula. Segelas teh manis mengandung sekitar 250 kalori. Kalori pada wanita yang sudah dewasa rata-rata hampir 1.900 kalori / hari. Itu belum ditambahkan dengan nasi yang kita makan tiga kali sehari. Jika dalam sehari kalori kita berlebih maka akan mengakibatkan obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu juga ada pengganti minuman the manis yaitu dengan meminum air putih minimal 8 liter dalam sehari. Makah al itu, dapat mengatasi terjadinya Diabetes.

    1. Gorengan

    Makan gorengan secara berlebihan akan menyebabkan Diabetes, karena gorengantersebut mengandung minyak yang lumayan banyak sehingga dapat memicu penyakit Diabetes. Selain itu juga dapat menyebabkan penyakit Degeneratif, seperti Diabetes Melitus dan Stroke. Gorengan ini juga mengandung banyak lemak dan rendah serat.

    1. Suka Ngemil

    Banyak orang mengira bahwa dengan membatasi makan siang dan malam akan menurunkan berat badan. Karena belum kenyang, perut ini di isi jajanan salah satunya adalah seperti biskuit dan juga keripik kentang

    1. Faktor Genetik

    Bisa terjadi dikarenakan adanya faktor gen. Disebabkan mempunyai keluarga yang memiliki penyakit Diabetes. Maka dari itu, ada kemungkinan besar akan terjadi penyakit Diabetes. Oleh karena itu, apabila mempunyai riwayat Diabetes maka kemungkinan akan menderita penyakit diabetes apabila tidak menjaga kesehatan.

    1. Obesitas

    Berat badan juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Dikarenakan berat badan ini juga dapat menjadikan sebuah penyakit, salah satunya adalah dapat menyebabkan penyakit Diabetes.

    1. Merokok

    Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan penyakit Diabetes. Karena merokok ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Alangkah baiknya, kita harus menghindari dari kebiasaan merokok.

    Cara mengatasi Penyakit Diabetes

    Apabila kamu sudah tahu tentang penyebab penyakit Diabetes maka kamu bisa mencegahnya. Dengan merubah pola hidup yang baik maka akan dapat mencegah diabetes dan dapat mencegah kadar gula. Apabila kadar gula stabil maka akan terhindar dari penyakit Diabetes. Makanan yang manis dan juga memiliki lemak yang cukup tinggi itu dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya adalah Diabetes. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit Diabetes adalah sebagai berikut :

    1. Olahraga

    Dengan Olahraga setiap hari dapat membantu dalam menjaga berat badan dan mencegah dari berbagai penyakit. Selain itu juga dengan berolahraga bisa menurunkan kadar gula dan dapat meningkatkan Sensitivitas terhadap Insulin.

    1. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak

    Makanan yang berlemakpada umumnya dapat meningkatkan kolesterol dan kadar gula. Maka dari itu, kita harus menjaga pola makan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

    1. Harus banyak mengkonsumsi Sayuran

    Dengan mengkonsumsi sayuran bisa mencegah dari diabetes. Karena di dalam sayuran ini banyak mengandung gizi dan juga karbohidrat. Maka dari itu, hindari lah makanan yang berlemak.

    1. Hindari Stress

    Stres yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula. Jadi, hindari lah dari stress dengan Meditasi atau juga dengan melatih pernapasan.

    1. Tidur Nyenyak atau Lama

    Tidur pada malam hari minimal 6 atau 8 jam, karena itu dapat membantu untuk mencegah Diabetes. Selain itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan Hormon pada tubuh yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan kadar gula. Apabila kurang tidur atau tidak nyenyak maka itu akan bisa menambah nafsu makan yang sangat parah.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar