Tips Agar Lolos Beasiswa LPDP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh LPDP, Kementerian Keuangan RI. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang di incar oleh para pemburu beasiswa yang ingin melanjutkan Program Master dan Doctor di dalam atau luar negeri.

    Diperkirakan ada puluhan ribu orang yang mendaftar beasiswa ini tiap tahunnya. Maka tidak heran kalau syarat dan persaingan untuk beasiswa ini pun sangat ketat sekali. Mereka yang terpilih tentunya adalah mereka yang terbaik diantara yang terbaik.

    Jadi, jika anda ingin mengincar beasiswa ini pastinya anda harus mempunyai perencanaan yang sangat matang untuk mendapatkannya. Berikut merupakan tips agar anda bisa lolos beasiswa LPDP

    1. Tekad yang Kuat

    Segala sesuatu untuk mencapai yang diinginkan dimulai dari tekad yang kuat karena itu merupakan hal yang mendorong usaha yang akan kita lakukan. Ingat bahwa sukses itu tidak bisa di dapat dalam waktu yang semalam atau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tekad yang kuat merupakan hal yang paling utama dan terpenting, karena nantinya akan ada tantangan yang akan menghampiri anda. Persiapan dan perjuangan anda butuh kerja keras yang begitu besar. Jika kamu berprinsip maju terus pantang mundur, berarti point ini sudah kamu penuhi.

    1. Tentukan Pilihan Jurusanmu

    Sebaiknya untuk memilih jurusan ini adalah linear, tapi tidak apa juga jika ingin lintas jurusan asalkan anda bisa menjelaskan dengan baik di essay study plan. Kuatkan saja kenapa ingin mengambil jurusan itu, bisa karena passion atau sebagainya

    1. Lengkapi Persyaratan Seleksi Administrasi

    Ini merupakan seleksi awal dari beasiswa LPDP, anda harus menyiapkan dari sekarang. Buang kebiasaan kamu yang deadliner tersebut dan jangan bawa saat ingin mendaftar beasiswa LPDP ini. Untuk bisa lolos tahap ini tentunya membahas tentang dokumen. Dan pastikan semua dokumen terkirim. Sebaiknya anda harus menyiapkan dokumen ini jauh-jauh hari dan sebaiknya membuat akun dan penuhi persyaratan tersebut. Terkadang untuk mengupload berkas saja membutuhkan waktu berminggu-minggu karena biasanya server sering down karena terlalu banyak yang mengaksesnya.

    1. Tentukan Universitas Tujuanmu

    Untuk pemilihan kampus, sebaiknya lebih memperhatikan apakah kampus tersebut menyediakan disiplin ilmu yang sangat baik dan nantinya akan berdampak untuk mu. Pertimbangkan juga apakah mata kuliah yang disediakan cukup membantu rencana aplikasi ilmu anda ke depan.

    1. Tingkatkan Score TOEFL dan IELTS

    Tes TOEFL dan IELTS merupakan syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP dan masuk ke Universitas yang kamu dambakan. Namun, masing-masing Universitas tentunya memiliki ketentuan score TOEFL dan IELTS yang berbeda-beda. Untuk itu kamu harus perbanyak latihan menulis ataupun membaca dalam bahasa inggris. Kebanyakan orang yang mengikuti tes IELTS banyak yang jeblok di bagian writing. Oleh sebab itu, anda harus banyak latihan menulis.

    1. Konstribusi anda untuk bangsa

    Kontribusi dari bidang apa saja yang terpenting itu memberikan manfaat kepada masyarakat. Pada saat diterima nanti, semua penerima beasiswa LPDP harus berikrar untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat di bidangnya masing-masing.

    1. Siapkan Visi dan Misi

    Anda wajib untuk menyiapkan visi misi yang berkorelasi dengan bidang anda. Karena para interviewer pasti akan menanyakannya. Karena LPDP memiliki visi misi untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi bangsa yang demokratis, berkeadilan dan sejahtera.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Lolos Beasiswa LPDP
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar