Makanan Khas Sumba

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sumba adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumba ini terkenal dengan budaya, adat, makanan khas, dan berbagai macam lainnya. Jadi saya akan membahas apa saja makanan khas dari pulau Sumba ini, contohnya rumpu rampe, jagung titi, dan berbagai macam makanan lainnya. Jadi saya akan rekomendasikan tentang makanan khas pulau Sumba ini.

    1. Jagung Titi

    Jagung titi ini adalah makanan kuliner khas di Sumba yang berbahan dasar jagung. Jagung ini dimasak dengan digoreng yang tidak pakai minyak. Citarasa yang enak, lezat, bergizi dan aman bagi kesehatan tubuh kita. Kalau anda pergi ke pulau Sumba jangan lupa membeli jagung titi ini yang rasa yangt enak dan bergizi.

    1. Rumpu rampe

    Rumpu Rampe ini adalah makanan yang berbahan dasar dengan sayur daun pepaya yang dimasak dengan cara ditumis. Sayur pepaya ini rasanya tidak pahit. Sayur rampe ini tidak hanya dari daun pepaya saja, tetapi juga dengan sayur singkong. Jadi jika anda ingin membeli rumpu rampe ini anda dapat berkunjung di pulau Sumba ini.

    1. Sup ayam Waingapu

    Sup ayam waingapu ini adalah makanan khas bagi orang Sumba. Sup ayam ini berbahan dasar dari daging ayam dan irisan tomat dengan belimbing. Satu ekor ayam untuk dimasak dengan sup kaldu yang lezat dan gurih. Jika anda mencobanya, anda akan pasti bikin ketagihan. Anda dapat membelinya jika anda berkunjung ke pulau Sumba ini.

    1. Daun Ubi

    Daun ubi ini menjadi salah satu makanan khas bagi orang Sumba. Daun ubi ini dibuat dengan yang berbahan dengan daun singkong dan beras yang sudah ditumbukan atau dihancurkan. Lalu setelah ditumbukan setelah itu rebus dan dicampurkan dengan santan, sayuran ini rasanya lumayan pedas dan bikin menghangatkan tubuh.

    1. Manggulu

    Maggulu adalah alah satu makanan favorit bagi orang Sumba. Manggulu ini menjadi salah satu hidangan manis yang paling terkenal di daerah ini. Manggulu ini terbuat dari buah pisang, kacang tanah, dan gula merah. Kue ini ternyata juga didominasi oleh rasa asam. Dan pembuatannya cukup lama, dan pisang tersebut akan dijemur selama 3 hari dan kemudian dicampurkan dengan kacang tanah dan gula merah yang ditumbuk hingga merata. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa berkunjung ke pulau sumba ini.

    1. Kadapet Watara

    Kadapet watara ini adalah makanan yang terbuat dari campuran jagung, kacang tanah, dan juga pisang. Kadapet watara ini dibungkus dengan daun jagung dan adonannya dari bahan tersebut akan dibentuk bulat dan dibungkus rapi sehingga mudah untuk dibawa.

    1. Manu Pata’u Ni

    Manu pata’u ni adalah makanan khas bagi orang sumba dan makanan ini yang terbuat dari ayam kampung dan dimasak dengan santan. Walaupun disajikan secara terpisah, daging ayam kampung ini rasanya empuk, lembut, dan enak.

    1. Nga’a Watary Patau Kabbe

    Makanan ini adalah makanan yang disajikan dengan nasi yang dicampur dengan jagung. Nasi jagung ini tidak hanya 100% jagung, melainkan dicampurkan dengan kacang – kacang seperti kacang merah.

    Nasi jagung ini adalah menjadi salah satu makanan favorit bagi warga sumba. Dan proses pembuatannya adalah dengan cara digiling dimasak dengan nasi putih dan dicampur dengan kacang – kacangan. Jika anda ingin mencobanya datanglah ke pulau Sumba dan tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur.(Fajri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sumba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar