Pantai Salju Lubuk Pakam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pantai salju atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Bela adalah sebuah sungai yang berada di Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jika dari namanya mungkin orang akan mengira di sungai ini terdapat salju, sungai yang ada di Sumatera Utara ini dikenal dengan nama Pantai Salju karena konon, air yang memecah di batu-batu cadas sekitar pantai ini seperti salju.

    Jika anda ingin memanjakan tubuh dengan air yang sejuk dan dingin seperti di pegunungan, pantai satu ini menjadi sangat recommended untuk anda. Selain dapat memanjakan tubuh dengan airnya yang dingin pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang khas desa. Tapi jangan salah, walau kebanyakan masyarakat menyebut tempat pemandian alam ini dengan pantai namun sebenarnya pantai ini bukan merupakan pantai seperti yang biasa kita temui yaitu pantai laut melainkan sebuah sungai. Tempat ini disebut pantai oleh masyarakat sekitar hanya karena bibir dari sungai ini mirip dengan bibir pantai.

    Bagi anda yang ingin pergi untuk merasakan segarnya air di pantai salju ini anda bisa menempuh kira-kira 1 jam perjalanan jika anda dari Ibukota Deli Serdang, dan 3 jam perjalanan jika anda dari Medan. Jika musim liburan telah tiba, sungai ini menjadi sangat ramai dikunjungi baik dari penduduk setempat maupun yang berasal dari luar daerah.

    Hanya saja kita tidak dapat berharap banyak dengan fasilitas yang ada di daerah sekitar sungai ini, hal ini terjadi karena kurangnya koordinasi antara pengelola dengan pemerintah setempat sehingga menjadikan tempat ini seperti tempat yang sudah terbengkalai, padahal jika ada koordinasi dari dua belak pihak tersebut maka sungai ini akan menjadi sebuah sumber penghasilan devisa Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

    Pengelolaan dari sungai ini semuanya hanya dilakukan oleh penduduk setempat, seperti harga masuk dimana para penduduk setempat masih belum mematok harga yang pasti. Terkadang harga masuknya bisa Rp.15.000 hingga Rp.25.000 per-mobil ditambah dengan orang-orang yang ada di dalamnya.

    Tapi tetap saja, sungai satu ini menjadi tempat yang wajib anda kunjungi jika anda pergi untuk berlibur ke Medan. Karena kapan lagi anda bisa merasakan segarnya air dari pegunungan dan indahnya pemandangan yang ada di sekitar sungai ini. Karena seperti yang kita semua ketahui bahwa sangat sulit untuk menemukan air bersih dan juga sejuk yang berasal langsung dari sumber air di alam sekitarnya.        

    Sungai ini juga menjadi sarana untuk kesehatan karena air dari sungai ini. Ya, air pegunungan yang ada pada dataran tinggi akan berbeda dengan yang ada pada dataran rendah. Air pegunungan yang ada pada dataran tinggi akan lebih menyehatkan dibanding pada dataran rendah karena kadar oksigen pada air yang jauh lebih banyak sehingga sangat menyehatkan.

    Sekianlah artikel kali ini tentang pantai salju yang ada di Lubuk Pakam, dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa setiap tempat wisata alam harus dikembangkan bersama-sama baik oleh pengelola dari penduduk setempat dan juga dari pemerintah setempat. Karena dengan adanya wisata alam yang sudah di tata dan juga dirawat dengan baik maka akan membuat para pelancong baik dari sekitar daerah maupun dari luar daerah datang dan dapat menambah devisa bagi pemerintah daerah sekitar setempat. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantai Salju Lubuk Pakam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar