Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bekerja merupakan aktivitas yang di lakukan oleh setiap orang yang bertujuan untuk memperoleh penghasilan untuk bertahan hidup. Bekerja di lakukan mulai dari hari senin sampai hari jum’at, bahkan hari sabtu dan hari minggu juga sebagian orang bekerja.

    Sebelum bekerja sebaiknya anda menyiapkan stamina tubuh dan istirahat yang cukup sehingga membuat anda semakin semangat bekerja. Jika stamina tubuh anda dan istirahat anda kurang maka akan mengakibatkan penyakit maupun rasa ngantuk yang terjadi pada saat bekerja.

    Sebagian orang mengalami rasa ngantuk di saat bekerja, hal ini di sebabkan karena seseorang tersebut kurang istirahat dan dapat membuat konsentrasi kerja menurun maupun kinerja yang tidak maksimal. Di sini saya akan memberikan tips untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja.

    1. Tidur yang secukupnya

    Tidur merupakan keadaan istirahat yang alami pada makhluk hidup. Tidur merupakan cara yang baik ketika merasa lelah bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup dapat membuat anda tetap aktif di siang hari, meningkatkan suasana hati, menjaga berat badan dan lain sebagainya. Tidur di butuhkan oleh orang dewasa sekitar 7 sampai 9 jam per hari sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh agar tetap baik dan dapat menghilangkan rasa ngantuk di saat bekerja.

    2. Bergerak

    Bergerak merupakan aktivitas di mana seluruh anggota badan di gerakkan yang bertujuan untuk menghilangkan rasa ngantuk. Berdiam diri atau duduk yang lama dapat mendatangkan rasa ngantuk dan juga menurunkan tingkat kosentrasi sehingga kinerja semakin menurun. Anda dapat melakukan sedikit peregangan yang bertujuan untuk melancarkan kembali aliran darah sehingga dapat menghilangkan rasa ngantuk.

    Ngemil a3. Ngemildalah cara yang di lakukan oleh sebagian orang pada saat sebelum berkerja maupun pada saat jam istirahat. Ngemil dapat membuat tubuh agar tetap terjaga. Dengan ngemil anda dapat menghilangkan rasa ngantuk dan membuat anda makin semangat bekerja.

    4. Paparan sinar matahari

    Sinar matahari juga baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kurangnya paparan sinar matahari juga mengakibatkan rasa ngantuk pada saat bekerja. Paparan sinar matahari yang baik bagi tubuh manusia yaitu pada saat pagi hari sekitar jam 8 sampai jam 10 dan sore hari sekitar jam 4 sampai jam 5 sore.

    Ruangan kerja yang kurang pencahayaan dari paparan sinar matahari langsung dapat membuat mata menjadi sulit untuk di buka. Hal ini juga di buktikan pada sebuah studi yang di lakukan di perancis terhadap karyawannya. Hasilnya juga mengejutkan karena ruangan karyawan yang terpapar matahari dapat mengurangi rasa ngantuk pada saat bekerja dan dapat mencengah dari risiko penyakit insomnia.

    5. Olahraga dengan teratur

    Berolahraga merupakan aktivitas yang di lakukan yang bertujuan untuk memperkuat stamina tubuh dan meregangkan otot. Jika tidak olahraga secara teratur maka anda akan mengalami rasa ngantuk maupun timbulnya berbagai penyakit. Olahraga baik di lakukan pada saat pagi dan sore hari karena pada saat itu paparan sinar matahari membuat kulit sehat dan dapat mengurangi rasa ngantuk.

    6. Konsultasi Dokter

    Konsultasi dengan dokter merupakan cara yang terakhir di lakukan untuk mengetahui penyebab rasa kantuk yang berlebihan padahal sudah beristirahat dengan cukup. Berkonsultasi dengan dokter merupakan cara yang baik sehingga anda dapat mengetahui penyebab rasa kantuk secara berlebihan dan dokter akan memberikan obat maupun tips yang di lakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar