Kesalahan Yang Sering Dilakukan Programmer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk menjadi seorang programmer, pastinya memerlukan waktu yang cukup lama. Mana mungkin kita bisa langsung jadi programmer tanpa belajar. Jika anda lulusan IT dan bekerja sebagai Freelancer maupun pegawai yang mengetahui bagian Programmer pasti akan mendapatkan banyak masalah yang anda hadapi saat bekerja. Berikut permasalahan yang sering programmer alami tanpa dia ketahui :

    1. Main Hajar Coding

    Programmer adalah orang yang membuat program, tetapi bukan asal program. Sebelum membuat program dengan coding harus ada perencanaan ingin membuat apa dahulu. Bagaimana struktur databases nya, struktur foldernya, bagaimana sistemnya, dan bagaimana pula class nya.      Jika rasanya semua sudah oke, terbayang di kepala baru kita mulai coding. Akan lebih baik jika kita sebelum melakukan coding, kita tuangkan dulu apa yang akan kita buat ke dalam kertas maupun media semisal tool di computer.

    2. Kurangnya perencanaan yang matang

    Perencanaan yang matang merupakan hal yang paling penting untuk memulai suatu tujuan. Jika atasan anda bertanya apakah anda mampu mengerjakan project yang menggunakan bahasa pemrograman yang tidak anda ketahui maka sebaiknya anda mengatakan bahwa anda akan research terlebih dahulu dalam waktu cepat sebelum memutuskan mengambil project tersebut. Atau anda dapat melakukan bargain kepada atasan atau client dan menyediakan solusi lain.

    3. Query sql yang kurang tepat

    Quary dalam sql tentu saja penting ketika kita mau membuat sebuah program yang menggunakan database. Terkadang kita lalai dan query yang kita buat tidak tepat, dan jumlah hasil yang tidak kita inginkan.

    4. Tidak belajar presentasi

    Banyak programmer yang tidak mempelajari cara berpresentasi dengan baik. Alangkah baiknya jika kalian Programmer dapat menjelaskan ke atasan dan client apa saja yang anda lakukan menggunakan bahasa yang mereka mengerti.

    5. Memasang target mepet

    Jika kita di suruh membuat program, berpikirlah dengan bijak. Misalnya, kita butuh waktu seminggu untuk membuat suatu project, maka katakanlah dua minggu. Jangan terlalu ngepres jika memasang target kita yang akan susah. Jika kita memasang waktu ngepas, pasti kita akan stress. Jika kita di tempat kerja jika kita di tanya maka jawablah dengan jawabanya yang tidak menyusahkan kita.

    6. Tidak terbuka terhadap krirtikan

    Ada banyak programmer tidak terbuka terhadap kritikan. Yang perlu anda ingat adalah pembuat jembatan penghubung antara anda dan konsumen. Jadi anda harus butuh kritikan agar anda jadi lebih baik lagi ke depannya.

    7. Lupa memberikan titik koma ( ; ) diakhir kode

    Setiap kita mengetikan perintah di suatu baris, maka seharusnya di akhir baris tersebut harus mengetikkan tanda titik koma ( ; ). Hampir semua bahasa pemrograman membutuhkan titik koma di setiap akhir barisnya. Dan terkadang programmer seperti kita selalu lupa dengan hal itu.

    8. Kurang rapi

    Banyak programmer pemula yang tidak peduli dengan kerapian pemrograman mereka. Letak kode yang berantakan memang bukan error, tetapi bisa mengakibatkan error. Sebaiknya sebelum kita menyudahi pembuatan project kita alangkah baiknya kita periksa terlebih dahulu agar tidak ada error sedikitpun.

    Jadi bagaimana?? Tertarik menjadi programmer??Menjadi seorang programmer memang tidak gampang, kita harus memulainya dari awal agar kita bisa menjadi programmer yang handal, menjadi seorang programmer bukan sekedar membuat program saja, di perusahaan besar banyak yang berminat mencari lowongan kerja untuk kalian yang hebat dalam dunia IT atau programmer.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kesalahan Yang Sering Dilakukan Programmer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar