Makanan Khas Sunda Dari Singkong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sunda merupakan suku yang berasal dari pulau jawa bagian barat. Di suku sunda ini bermayoritas beragama islam dengan total populasi penduduk sekitar 36.701.680 jiwa. Ketika anda berkunjung ke pulau jawa bagian barat tepatnya di suku sunda anda wajib untuk mencoba makanan khas dari sunda yang terbuat dari singkong. Seperti yang kita tahu bahwa singkong atau ubi kayu merupakan tanaman yang memiliki karbohidrat dan daunnya dapat di jadikan sebagai sayuran untuk lalapan makanan. Di sini saya akan memberikan macam-macam makanan khas dari suku sunda ini yang terbuat dari singkong atau ubi kayu.

    1. Cake Singkong

    Cake singkong merupakan kue yang terbuat dari singkong yang bercampur dengan tepung roti. Cake singkong ini dapat anda temukan di daerah jawa barat. Cake singkong ini memiliki beberapa varian rasa yang bisa menambah cita rasa. Untuk soal harga cake singkong ini cukup terjangkau dan dapat di jadikan sebagai oleh-oleh khas sunda yang wajib untuk di coba.

    2. Putri Noong

    Putri Noong merupakan makanan khas yang berasal dari suku sunda tepatnya di kota jawa barat. Putri Noong diartikan sebagai putri yang mengintip. Putri Noong adalah makanan yang terbuat dari olahan singkong dan pisang kemudian di beri pewarna makanan dan di baluri dengan parutan kelapa. Putri Noong wajib untuk di beli dan di jadikan sebagai oleh-oleh dari kota jawa barat suku sunda.

    3. Peuyeum

    Peuyeum merupakan makanan yang terbuat dari olahan singkong dan tape yang sebelumnya sudah di fermentasikan. Setelah itu Peuyeum di bungkus dengan daun pisang. Peuyeum ini juga dapat di jadikan sebagai cemilan dan dapat di jadikan sebagai oleh-oleh yang wajib untuk di coba dan di beli.

    4. Colenak

    Makanan yang berasal dari suku sunda selanjutnya ada Colenak. Colenak merupakan makanan yang hampir sama dengan Peuyeum. Colenak ini terbuat dari olahan singkong yang sudah di fermentasikan kemudian di tambah gula merah sebagai pelengkap cita rasa. Setelah semua bahan tercampur kemudian colenak di bakar.

    5. Misro

    Misro merupakan singkatan dari manis di dalam atau amis di jero. Misro ini memiliki banyak varian rasa di antaranya ada cokelat, stroberi, keju dan lain sebagainya. Anda wajib mencoba makanan yang berasal dari suku sunda ini karena misro ini memiliki rasa yang unik dan menarik sehingga anda juga wajib untuk membelinya sebagai oleh-oleh ketika anda berkunjung ke pulau jawa.

    6. Ongol-ongol

    Ongol-ongol adalah makanan khas dari sunda dan juga bisa di jadikan sebagai cemilan. Ongol-ongol terbuat dari singkong yang dirubah menjadi tepung kemudian di olah lagi sehingga menjadi ongol-ongol. Ongol-ongol sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena ongol-ongol biasanya banyak di jual pada bulan ramadhan dan di jadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

    7. Singkong Keju

    Singkong keju ini hampir sama pengolahannya dengan pisang goreng cokelat keju. Singkong Keju merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang sudah di goreng kemudian dibaluri keju sebagai pelengkap rasa.

    8. Keripik singkong

    Keripik singkong merupakan cemilan dari olahan singkong yang sudah di jemur dan setelah kering kemudian di goreng dan menjadi keripik. Setelah di goreng, kemudian keripik singkong ini di campur dengan cabe sebagai pelengkap rasa. Keripik singkong banyak di temukan di berbagai daerah di Indonesia dan sering di jadikan sebagai oleh-oleh.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sunda Dari Singkong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar