Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sunda atau Suku Sunda adalah suku yang berasal dari pulau jawa bagian barat. Sunda terkenal akan keanekaragaman dan kebudayaannya. Tak hanya di Indonesia, Sunda juga terkenal di kanca Internasional. Populasi nya sudah menyebar ke berbagai pelosok negeri. Tak jarang jika seseorang menyebut bahwa dia orang sunda orang lain akan langsung mengerti.

    Adat istiadat di Suku Sunda ini juga sangat dijunjung tinggi. Jika anda datang ke pernikahan orang Sunda, pasti ada upacara adat yang dilaksanakan. Semua upacara adat yang di lakukan bertujuan pada satu makna, yakni menjadikan keluarga pengantin baru sakinah, mawaddah, dan warohmah.

    Setiap suku di Indonesia tak terlepas dari makanan yang menjadi ciri khas mereka. Salah satunya makanan dari Sunda ini. Suku Sunda memiliki banyak sekali makanan yang sangat enak. Untuk anda yang penasaran, lancangkuning.com akan memaparkan makanan khas Sunda yang bikin anda ketagihan, sebagai berikut :

    1. Combro

    Makanan ini berbahan dasar ubi kayu atau singkong yang parut hingga halus. Combro adalah oncom dijero, yang artinya oncom atau tempe yang telah diolah dan dijero yang artinya di dalam. Jadi, combro adalah singkong yang telah di haluskan kemudian diberi isian oncom didalamnya.

    Makanan ini menjadi favorit orang sunda karena rasanya yang pedas dan gurih. Combro ini sangat enak dimakan hangat-hangat di pagi hari. Makanan ini dapat membuat anda ketagihan, jadi 1 atau 2 buah tidak cukup untuk anda.

    1. Karedok

    Karedok ini sangat popular di Pulau Jawa. Di Jakarta banyak  sekali yang menjual makanan ini, sehingga orang banyak mengira makanan ini khas Betawi padahal bukan. Karedok ini berisikan berbagai sayuran seperti timun, terong hijau, toge, kacang, dan banyak lagi.

    Sayuran yang digunakan pada makanan ini masih mentah atau belum dimasak. Orang Sunda menyebut makanan ini dengan sebutan lotek atah atau lotek mentah. Karedok biasanya di sajikan dengan tahu, tempe, dan juga nasi panas, serta kerupuk.

    1. Pepes Ikan

    Pepes merupakan cara memasak pada olahan makanan ini. orang Sunda menyebut pepes ini dengan sebutan pais. Pepes di bungkus dengan daun pisang kemudian dikukus atau di bakar sampai matang. Pepes biasanya berisikan ikan, jamur, tahu dan juga berbagai kreasi lainnya.

    Pepes ini kaya akan bumbu, karena kita akan menyantap pepes beserta bumbunya. Makanan ini sangat lezat bila di santap dengan nasi hangat. Apalagi makannya di siang hari, kelezatan dari makanan ini akan terasa lebih mantap.

    1. Batagor

    Makanan ini sudah dikenal di seluruh daerah di Indonesia. Makanan ini diadopsi dari Tionghoa. Batagor dibuat menggunakan tahu, tahu ini berisikan adonan ikan tenggiri yang di campur dengan tepung tapioca. Setelah itu dimasak hingga matang. Batagor ini menggunakan kuah kacang sebagai kuahnya.

    Makanan ini disukai oleh masyarakat karena rasanya yang lezat dan gurih yang mampu membuat anda ketagihan jika memakannya. Batagor ini banyak dijual, mulai dengan gerobak hingga di warung-warung tertentu.

    1. Nasi Tutug Oncom

    Mungkin sebagian dari kalian belum pernah mendengar makanan ini. makanan  ini  berasal dari salah satu  daerah di jawa barat, yaitu Tasikmalaya. Makanan ini campuran dari nasi dan oncom. Makanan ini cocok bagi anda yang lapar berat. Nasi tutug oncom di sajikan hangat.

    Kata tutug berarti tumbuk dan proses nasi yang di aduk dan ditumbuk dengan oncom ini yang menamakan makanan ini dengan nasi tutug oncom. Sekarang nasi tutug oncom ini sudah bisa anda jadikan oleh-oleh karena sudah  ada yang instan tanpa bahan pengawet.

    Sekian yang dapat lancangkuning.com paparkan, semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang makanan sunda yang lezat sehingga membuat anda ketagihan.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar