Makan Khas Gorontalo yang Bikin Ngiler

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap daerah tentunya memiliki makan khas tidak terkecuali dengan Gorontalo yang tentunya mempunyai makan khas yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan daerah lain.  Makan khas memiliki cita rasa dan sensasi yang berbeda. Kali ini kita akan membahas makan khas Gorontalo yang harus kamu coba jika berkunjung kesana.

    1. Binte biluhuta

    Dari asalnya makan ini merupakan jagung siram atau sup jagung.  Isian makan ini terdiri dari jagung, dan sobekan ikan tuna dengan parutan kelapa. Yang dibumbui dengan tambahan garam dan perasan jeruk nipis. Makan ini biasanya di sajikan pada malam hari. Jika ingin mencoba makanan ini kamu bisa mendapatkannya di warung-warung kecil yang ada di daerah Gorontalo.

    1. Ilabulo

    Ilabulo mirip dengan pepes ikan. Ilabulo dibuat denga campuran sagu dan hati ampela.  Makan ini merupakan lauk pauk yang biasanya disajikan pada acara tradisional di Gorontalo.  Makan ini mempunyai kandungan minyak yang bayak gunakan tisu untuk lap tangan setelah mencoba makan ini.

    1. Ayam bakar iloni

    Makan ini sering kita temukan namun ayam bakar khas Gorontalo ini memiliki rasa yang berbeda dari ayam bakar lainnya.Biasanya masyarakat memakan ayam bakar ini dengan semangkuk nasi hangat dan cah kangkung. Perbedaan ayam bakar ini dengan ayam bakar lainnya adalah ayamnya di bakar langsung setelah ayam di bersihkan dengan dicampurkan bumbu-bumbu khas dan direndam dengan santan sampai bumbu meresap. Kemudian dipanggang sampai matang dan ayam bakar siap untuk disantap.

    1. Titi Aya

    Makan ini sudah jarang di temukan. Jika ingin mencoba makan ini kamu bisa mengunjungi acara syukuran atau buka bersama yang ada di Gorontalo, mungkin kamu bisa mencoba makan ini disana. Makan ini memiliki tekstur yang lembur dengan rasa yang unik tentunya.  Kue ini terbuat dari campuran gula merah, telur, dan santa.

    1. Bilenthango

    Makan ini memiliki bahan dasar yang berasal dari ikan mujair. Makanan ini merupakan makan khas Gorontalo yang enak dan akan membuat nafsu makan kamu menjadi bertambah. Makan ini sering dihidangkan di acara pesta si Gorontalo. Pembuatan makan ini cukup mudah dengan menyiapkan ikan mujair kemudian iris perutnya sampai ujung atas dan bawah. Sehingga ikan terbelah menjadi dua bagian dan lebar.  Kemudian tambahkan bumbu dan irisan bawang merah, tomat, cabe, dan kemiri atasnya.

    1. Sate Tuna

    Gorontalo merupakan daerah di Indonesia yang dekat dengan laut. Banyak olah makan yang berasal dari ikan laut salah satunya sate ikan tuna. Sate ini sama dengan sate pada umumnya yang membedakannya hanya bahannya saja. Jika kamu mencoba untuk makan sate ini pastikan menggigit sate dengan perlahan. Karena jika tidak perlahan daging makan daging akan jatuh ke lantai. Hai ini disebabkan oleh daging ikan tuna yang lembut.

    1. Kue Karawang

    Nama kue ini disebut kue karawang karena pada bagian atas kue ini ada hiasannya yang biasanya terdapat di kerajinan Gorontalo yang di kenal dengan nama kerajinan karawang. Kue ini memiliki rasa yang sama dengan kue yang lainnya. Perbedaanya hanya pada hiasannya saja. Untuk membuat hiasan khas pada kue ini di perlukan ketelitian dan kesabaran  lebih karena pembuatannya agak sedikit rumit.

    Itulah beberapa makan khas Gorontalo yang membuat kamu tidak tahan untuk memakannya. Jangan lupa untuk mencoba makan tersebut jika berkunjung ke Gorontalo.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makan Khas Gorontalo yang Bikin Ngiler
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar