Masakan Jawa di Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi anda yang sedang berada di Pekanbaru yang ingin mencicipi bagaimana rasa masakan khas Jawa atau bagi anda yang rindu dengan rasa makanan khas dari daerah asal anda, maka pada kali ini kita akan membahas masakan khas Jawa yang juga tersedia di Pekanbaru. Ya, masakan Jawa memang terkenal dengan rasanya yang asam manis.

    Tidak perlu panjang lebar, langsung saja kita bahas beberapa masakan Jawa yang juga dijual di daerah Pekanbaru. Silakan disimak:

    1. Rawon

    Rawon merupakan masakan yang berasal dari Jawa dimana masakan ini merupakan sup daging dengan kuah yang berwarna hitam dengan menggunakan kluwek sebagai bumbu campuran. Makanan ini terkenal sebagai masakan khas dari Jawa Timur, tetapi juga dikenal oleh masyarakat bagian timur Jawa Tengah dan sekarang sudah banyak tersebar di Indonesia.

    Masakan rawon ini disajikan dengan nasi, telur asin, toge, daun bawang, kerupuk udang, sambal dan juga daging sapi yang sudah di goreng. Jika anda ingin mencicipi masakan ini anda bisa pergi ke Rawon Gila sebelah Plaza Citra.

    2. Lotek

    Ya, makanan yang mirip gado-gado ini akan sangat sering anda jumpai di warung-warung makanan di Pekanbaru. Lotek merupakan makanan khas Jawa Barat dimana jika dilihat bentuknya hampir mirip seperti gado-gado ataupun pecel. Hanya saja perbedaanya terletak pada cara penyajiannya. Yaitu ketika disajikan lotek biasanya ditambah dengan tempe, gula merah, terasi, dan juga bawang putih. Rasa dari lotek juga lebih manis dibandingkan gado-gado dan pecel.

    3. Gudeg

    Apakah ada dari anda yang tidak tahu dengan masakan satu ini? Masakan khas satu ini sudah sangat banyak dijual oleh pedagang dari Jawa yang merantau ke daerah lain. Asal dari masakan ini juga masih simpang siur, yang pasti masakan gudeg ini berasal dari Yogyakarta.

    Untuk bisa membuat sebuah gudeg yang maknyus, butuh waktu yang sangat lama sehingga dibutuhkan kesabaran dalam membuatnya. Dalam proses pembuatannya sendiri menggunakan nangka yang masih muda yang dimasak bersama santan.

    4. Nasi Liwet

    Masakan khas satu ini merupakan makanan asli khas dari daerah Baki, Kabupaten Sokoharjo, Jawa Tengah. Nasi liwet merupakan masakan yang berupa nasi gurih dimana masakan ini mirip dengan nasi uduk dimana biasanya masakan ini akan disajikan bersama dengan sayur labu siam, areh, dan juga suwiran ayam.

    Biasanya untuk penduduk Kota Solo menjadikan nasi liwet sebagai makanan untuk sarapan. Bagi anda yang ingin mencoba bagaimana rasa dari nasi liwet khas Jawa Tengah ini di Pekanbaru, anda bisa mencobanya di rumah makan Jawa sekitar Pekanbaru seperti di Masakan Khas Jawa (Mbak Ning-cfd) di Jl. Srikandi depan, Delima.

    5. Soto Solo

    Soto solo memiliki keunikan tersendiri disbanding soto biasa, yaitu bumbu yang digunakan adalah semangit atau tempe yang sudah hampir busuk. Mungkin jika mendengar “hampir busuk” anda akan merasa jijik dengan masakan satu ini, tapi di Solo tempe yang hampir busuk ini bersih dan juga kering karena dijemur.

    Untuk membuat soto solo, warga solo biasanya menggunakan kuali terbuat dari tanah liat. Karena menurut masyarakat sekitar penggunaan kuali dari tanah liat akan menguatkan rasa dari soto khas Solo ini.

    Sekian masakan khas Jawa yang ada di Pekanbaru, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari rumah makan khas Jawa yang ada di Pekanbaru.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masakan Jawa di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar