Oleh - Oleh Khas Kota Tual

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kota Tual, Maluku Tenggara. Memiliki oleh – oleh khas yang mempunyai rasa enak dan menggiurkan para wisatawan yang berkunjung ke kota Tual, Maluku Tenggara. Berikut adalah oleh – oleh khas Kota Tual Maluku Tenggara :

    1. Halua Kenari

    Halua Kenari adalah oleh – oleh yang ada di kota Tual, berbahan dasar dari kenari yang dicampur dengan gula merah. Mengandung rasa manis dari gula merah dan banyak memiliki gizi dan juga protein yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berfungsi untuk mencegah atau menyembuhkan penyakit kanker payudara, cocok di konsumsi bagi kaum wanita agar terhindar dari penyakit seperti ini. Cocok dijadikan sebagai cemilan saat kumpul keluarga.

    2. Kasbi Komplet

    Kasbi Komplet merupakan oleh – oleh khas kota Tual yang terbuat dari bahan singkong dan mengandung banyak karbohidrat dari singkong. Makanan ini memiliki rasa yang tawar atau ambar, jadi makanan ini dijadikan pendamping atau di sajikan bersama menu pelengkap lainnya.

    3. Sagu Lempeng

    Sagu Lempeng juga di jadikan oleh – oleh khas Kota Tual, memiliki rasa yang gurih saat di mulut, memiliki tekstur keras karena diolah dari tepung sagu yang dituangkan kedalam cetakan yang terbuat dari tanah liat lalu dicetak. Makanan ini cocok disantap dengan secangkir teh hangat ataupun dengan kopi hangat.

    4. Sagu Gula

    Tidak hanya sagu lempeng yang terbuat dari sagu, Sagu Gula juga terbuat dari sagu. Makanan ini berbentuk seperti persegi panjang yang dilumuri dengan gula merah cair yang sudah teresap ke dalam sagu tersebut. Makanan ini menjadi favorite dikalangan orang – orang yang menyukai olahan sagu.

    5. Roti Kering Kenari

    Makanan yang berbentuk seperti persegi empat yang di taburi pecahan kacang dan gula pasir di atasnya. Memiliki rasa yang gurih dan kering saat berada di mulut. Cocok sekali di jadikan oleh – oleh khas kota tual, Maluku Tenggara.

    6. Sanole

    Lagi – lagi makanan yang terbuat dari sagu yang di memiliki isi dalam kelapa dan gula aren atau gula merah, memiliki rasa manis dari gula aren dan memiliki rasa gurih bila berada di mulut. Makanan ini dikenal dengan nama karu – karu, lelehan gula aren yang membuat orang banyak meminati makanan ini.

    7. Pisang Asar

    Cara mengolah masakan ini cukup unik karena pisang ini dipanggang atau dalam bahasa Maluku yaitu asar, karena pisang ini berasal dari Maluku dan cara mengolahnya dengan cara dibakar makanannya nama makanan ini adalah Pisang Asar. Berbahan dasar dari pisang Raja, hanya untuk pisang raja karena tidak cocok untuk pisang yang lainnya. Cocok sekali disantap saat ngumpul atau duduk ditemani dengan secangkir kopi hangat ataupun dengan secangkir teh hangat.

    8. Sagu Tumbu

    Banyak olahan oleh – oleh yang terbuat dari sagu karena sebagian orang setempat memakan sagu dan membuat makanan yang berbahan dasar dari sagu. Banyak dijual di pingir jalan, jadi kalian tidak susah untuk membeli atau mencari dimana orang menjual makanan ini. Memiliki rasa yang gurih dan manis bila berada di mulut dan memiliki rasa tekstur yang renyah.

    9. Kue Langar 

    Makanan yang berbahan dasar dari singkong bisa dijadikan sebagai makanan pokok warga Maluku. Berbentuk seperti stick dan memiliki varian rasa seperti keju, cokelat, dan juga terdapat varian pandan.

    10. Embal

    Makanan yang terbuat dari singkong dengan bentuk seperti love dan banyak macam bentuk lainnya. Dihidangkan bersama dengan makanan ikan kuah, ataupun sayur saat acara besar, atau di dampingi dengan teh hangat dan kopi hangat. Embal ini cocok dijadikan buah tangan dari kota Tual, Maluku Tenggara. Kalian bisa membeli nya di tepi-tepi jalan karena sudah banyak masyarakat setempat menjualnya dan menjajakannya.(Gilang

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh - Oleh Khas Kota Tual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar