Makanan khas Kota Tual

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com - Kota Tual merupakan salah satu Kota yang berada di Provinsi Maluku, Indonesia. Kota Tual merupakan kota hasil Pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara. Kota Tual terletak di sebuah Kepulauan kecil, yang disebut Kepulauan Kei. Kota Tual sendiri merupakan daerah yang termasuk Atraktif dengan jumlah pengunjung atau Wisatawan yang terus meningkat setiap Tahun nya.

    Kota Tual sendiri merupakan daerah yang terus menerus dikunjungi Wisatawan secara Konsisten, mengingat di Kota Tual terdapat banyak sekali Objek Wisata Alam yang didominasi oleh Laut, Pantai, Pulau, dan bahkan Objek Wisata alam seperti Air terjun pun dapat Kamu temui disini. Beberapa Objek Wisata yang dapat Kamu kunjungi di Kota Tual antara nya ialah seperti Pantai Ngurfatur, Pantai Ngurbloat, Air Terjun Hoko, Air Terjun Harangur, Pulau Bair, dan Gowa Hawang.

    Selain Objek Wisata alam nya yang masih begitu Indah, Asri, dan masih belum banyak terjamah oleh Manusia, Kota Tual memiliki sejumlah Makanan khas yang tentunya semua nya dapat Kamu nikmati baik sebagai Makanan Utama (Makan siang atau malam) dan Makanan Cemilan, selama berwisata ke Kota Maluku yang satu ini. Apa saja jenis Makanan yang tersedia disana? Berikut contoh dan sekaligus sedikit penjelasan nya.

    1. Asapan Ikan Asar

    Tak heran jika nantinya Kamu bakal menjumpai banyak Makanan olahan Hewan laut, mengingat Kota Tual berada di Pulau Kei yang daerah nya di dominasi oleh Laut. Salah satu Makanan utama yang terkenal di Kota Tual ialah Asapan Ikan Asar.

    Seperti namanya, Asapan Ikan Asar diolah dengan cara di asap, ini membuat rasa daging ikan menjadi lebih gurih dan lezat. Makanan ini juga bisa dibuat dengan Ikan seperti Ikan Tongkol, Ikan Kakap, dan atau Ikan Semandar.

    2. Embal

    Selain juga Hidanan Utama, Kamu juga dapat menemukan Makanan jenis cemilan di Kota Tual. Salah satu Cemilan yang paling terkenal se-Pulau Kei ialah Embal. Embal merupakan jenis cemilan yang memiliki bahan dasar berupa Singkong dan juga banyak Masyarakat Kei yang menjadikannya sebagai Hidangan Utama atau Makanan Pembuka.

    Cara memakannya pun sangat beragam. Embal pada umumnya dimakan dengan Ikan Asar, Ikan Kuah, ataupun beraneka jenis Sayuran lainnya. Dan jika Kamu ingin bersantai selama memakannya, Kamu juga bisa memakan Embal sembari Menikmati Teh Manis hangat di pagi hari.

    Embal pun biasanya diolah dengan berbagai cara pengolahan, seperti Olahan berbentuk bubuk, Embal Goreng, Embal Swami, ataupun Embal Busa. Makanan jenis Embal juga termasuk awet, sehingga Embal juga cocok untuk Kamu jadikan oleh-oleh yang dapat Kamu nikmati dirumah bersama Keluarga.

    3. Lad

    Lad merupakan Makanan jenis Lauk pauk yang hampir seluruh Masyarakat Kei mengakui kelezatan nya. Lad merupakan Makanan Lauk Tumisan Rumput Laut. Lad pada umumnya dijumpai dicampurkan dengan bumbu-bumbu seperti Bawang Merah, Bawang Putih, dan Cabai yang semuanya terlebih dahulu ditumis. Lalu, dicampurkan dengan parutan kelapa dan disajikan menyerupai Urap.

    Lad sangat cocok disajikan bersamaan dengan Nasi ataupun Embal. Lad memiliki rasanya yang sangat unik dilidah Anda. Tumisan Rumput Laut lalu disajikan dengan Nasi atau Embal akan menambah pengalaman Kuliner Kamu selama berada di Kota Tual. Selain itu, Lad merupakan jenis makanan yang memilik Kandungan Protein yang tinggi, sehingga Lad aman dimakan Kapanpun jika Kamu rindu akan kelezatannya.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan khas Kota Tual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar