Fakta Ibu Melahirkan Caesar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Banyak yang beranggapan bahwa operasi caesar bagi ibu yang melahirkan bukanlah ibu yang sempurna karena tidak merasakan sakit saat melahirkan. Tapi anggapan itu salah, bahwa operasi caesar adalah proses dimana ibu bertaruh nyawa untuk sang bayi. Untuk menjalani operasi caesar tersebut harus memiliki keberanian dan kekuatan yang cukup besar. Hanya seorang ibu yang luar biasalah yang mampu menghadapi dengan cara yang mengagumkan ini.

    Berikut adalah fakta tentang ibu melahirkan caesar yang hanya diketahui oleh ibu yang melahirkan caesar saja.

    1. Meninggalkan malu di rumah

    Dalam kondisi yang bisa dikatakan sadar dan sehat, sebelum memasuki ruangan operasi rambut pubis akan di cukur oleh orang yang tidak kenal, biasanya bidan cewek. Dia akan memasukkan selang yang akan menemani hingga pasca operasi.

    1. Single fighter yang dikeroyok

    Bagaimana bisa dibilang begitu? Karena memang itu nyatanya, ibu yang melahirkan caesar dikeroyok oleh paramedis, setidaknya ada tiga paramedis yaitu dokter kandungan, dokter anak dan spesialis anastesi. Tidak ada suami atau kerabat yang datang untuk menemani saat operasi berlangsung.

    1. Ditindih dokter

    Ibu yang melahirkan caesar memang tidak mengejan seperti ibu yang melahirkan normal, tetapi mereka ditindik dokter. Dokter mendorong perut dari atas supaya si jabang bagi bisa segera keluar.

    1. Keberanian menghadapi konsekuensi prosedur operasi

    Operasi caesar ini merupakan kategori operasi besar yang banyak orang tidak mengetahuinya, operasi ini memiliki risiko yang sangat tinggi untuk bayi dan ibu. Saat operasi caesar melakukan operasi secara sendiri tanpa dukungan dan penuh dengan ketidak pastian. Operasi caesar ini perjuangan yang sangat sulit, melawan rasa sakit dan takut, serta cinta tanpa syarat yang membuat mereka mampu untuk menanggung sulitnya operasi demi sang bayi.

    1. Mereka tidak akan tau apakah semua akan baik-baik saja sampai keluar dari ruang operasi

    Saat bayi keluar operasi caesar tidak akan selesai begitu saja, sama halnya dengan operasi lain, dokter harus menunggu sampai obat bius habis untuk menentukan apakah operasi berjalan dengan lancar atau tidak. Si ibu harus diperiksa setiap jam dengan tujuan untuk memastikan apakah tidak ada komplikasi saat setelah operasi berlangsung. Satu hal yang harus di ketahui bahwa saat operasi berlangsung sang ibu dalam keadaan sadar dan merasakan pergerakan saat dokter membelah perut untuk mengeluarkan bayinya.

    1. Melewati proses pemulihan pasca operasi layaknya pahlawan

    Proses pemulihan setelah operasi caesar berlangsung lebih lama dibandingkan dengan pemulihan proses persalinan normal. Bagi ibu yang melahirkan normal, hari-hari pertama kehadiran seorang bayi sangatlah melelahkan sama dengan ibu yang melahirkan caesar. Mereka harus menjalani hari-hari pertama setelah melahirkan dengan rasa sakit pasca operasi yang tentunya belum hilang. Tidak peduli hari yang mereka hadapi sangat berat, tetapi mereka menghadapi dengan senyuman dan cinta yang penuh untuk sang bayi.

    Tidak ada bedanya ibu yang melahirkan normal dengan yang melahirkan caesar, sama-sama membutuhkan perjuangan yang sangat besar dan merupakan pahlawan yang sangat tercinta, yang bertaruh nyawa demi melahirkan sang bayi. Mari kita saling mendukung dan tidak menganggap remeh ibu yang operasi caesar karena operasi caesar juga memiliki rasa sakit yang sangat berat. Berilah dukungan kepada ibu dan bayi karena pekerjaan seorang ibu adalah pekerjaan seumur hidup yang sama-sama berharga tak peduli operasi normal atau pun operasi caesar.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Ibu Melahirkan Caesar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar