Kuliner Khas Padang Pariaman

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan Padang Pariaman, Kota yang terkenal dengan masakan nya yang khas dan enak, dan Padang Pariaman juga terkenal dengan masakan yang pedas super – super pedas. Langsung saja kita lihat Kuliner Khas Padang Pariaman.

    1. Rendang

    Rendang adalah makanan yang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia, Rendang ini berbahan utama Daging. Rendang mempunyai aneka rasa ada yang pedas manis, pedas gurih, manis gurih, dan yang paling saya suka adalah Rendang ekstra pedas. Ini adalah makanan khas Padang Pariaman yang terbilang banyak diminati oleh warga setempat atau pun orang yang berpariwisata ke sana.

    2. Sate Padang

    Pasti kalian tidak heran dengan kata Sate Padang, ya makanan ini sudah tersebar dan menjadi cemilan makanan ataupun jajanan di wilayah Indonesia. Sate Padang adalah makanan khas dari daerah padang yang disiram dengan kuah yang enak dan pedas lalu daging yang di bakar membuat makanan ini menjadi favorite bagi pencinta sate.

    3. Dendeng Balado

    Dendeng Balado dari namanya saja kita sudah tahu bagaimana rasa masakan ini, ya dari kata balado berarti sambal ini sudah terbilang sangat pedas. Bahan pokok Dendeng ini adalah daging sapi yang di tumbuk hingga berbentuk gepeng dan ditambahkan dengan bumbu – bumbu balado khas orang padang membuat makanan ini menjadi luar biasa.

    4. Soto Padang

    Soto ini berasal dari padang Pariaman yang memiliki rasa khas dari kuah dan juga dari bumbu masak nya, terbuat dari tirisan daging sapi dan memiliki tekstur yang lembut. Menjadi favorite bagi kalangan orang yang menyukai soto

    5. Ikan Balado

    Ikan Balado sama seperti Dendeng Balado yang membedakannya adalah Dendeng dari daging sapi yang di tumbuk hingga gepeng kalo ikan balado berbahan ikat serai atau ikan sungai. Sebagian penduduk Indonesia menyukai makanan ini.

    6. Gulai itiak

    Gulai yang berbahan itik ini merupakan makanan khas yang terdapat di Padang Pariaman yang berbahan kunyit, itik, jeruk, jahe dan bumbu – bumbu tradisional lainnya membuat makanan ini menjadi enak. Anda bisa mengatur sendiri tekstur itik yang Anda suka, Anda bisa membuat tekstur itik menjadi lembut agar mudah di makan atau tekstur itik keras agar merasakan kenikmatan nya.

    7. Lamang Tapai

    Di Padang Pariaman tidak banyak terdapat makanan pedas saja, juga ada makanan manis dan menggiur selera seperti lamang tapai ini. Makanan yang berbahan dasar tapai dan dilumuri ketan hitam yang membuat makanan ini menjadi nikmat dan manis.

    8. Sala Lauak

    Mungkin ada yang pernah dengar dengan sala lauak, ini hanya makanan cemilan yang di santap dengan nasi atau dimakan begitu saja. Sala Lauak ini makin enak di santap dengan makanan berkuah seperti Gulai pedas. Memiliki tekstur yang begitu renyah dan crispy yang berbahan dasar tepung beras dan di beri sedikit tambahan bawang putih.

    9. Asam Padeh

    Asam Padeh adalah masakan yang terkenal pedas dari Padang Pariaman, berbahan dasar ikan tuna dan ikan tongkol. Cara membuat Asam Padeh ini mudah kok, Anda bisa mencari di pencarian Google dan banyak tersedia berbagai macam bentuk resep Asam Padeh ini.

    10. Gulai Anyang

    Gulai Anyang berbahan dasar jeroan sapi yang telah di rebus lama hingga lunak dan lembut. Ditambahkan dengan bumbu rempah – rempah renyah membuat makanan ini menjadi favorite bagi kalangan pecinta Gulai.

    11. Karupuak Jangek

    Kerupuk yang bernama Kerupuk Jangek berasal dari kota Padang Pariaman. Berbahan dasar jengkol yang di tumbuk hingga berbentuk gepeng atau tipis lalu di keringkan di bawah sinar matahari dan pada saat sudah kering lalu di goreng. Ini adalah kerupuk yang paling di gemari para wisatawan karena cocok untuk dimakan dengan nasi lalu di kasih kuah cabe yang pedas.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kuliner Khas Padang Pariaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar