Hal Yang Harus Di Perhatikan Penderita Diabetes Saat Berpuasa

Daftar Isi


    LancangKuning.com - Hanya tinggal hitungan hari lagi kita akan menyambut hadirnya bulan suci ramadhan di mana setiap umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari, Di mana pada saat itu umat muslim tidak makan dan minum dari azan subuh hingga azan maghrib  berkumandang.

    Tetapi tidak semua umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancer, apalagi bagi seseorang yang mengidap penyakit kronis seperti halnya diabetes, penyakit diabetes sendiri di sebabkan oleh kurangnya kadar gula darah pada tubuh kurang, biasanya penderita diabetes hanya memiliki kadar gula darah pada tubuh sebesar 70mg/dl.

    Ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh penderita diabetes saat berpuasa di antara lain:

    1. Buka dan Sahur Dengan Makanan Yang Lambat Menghasilkan Energi

    Berbeda dengan orang normal yang biasanya berbuka dengan yang manis-manis, hal itu di sebabkan makanan yang manis dapat dengan cepat menambah energy pada tubuh, bagi seseorang yang menderita diabetes di sarankan tidak mengonsumsi makanan tersebut, biasanya penderita diabetes di anjurkan untuk makan makanan yang lambat menghasilkan energy seperti kacang kacangan atau gandum.

    1. Atur Porsi Makanan

    Untuk orang normal pori makanan pada saat sahur yaitu sebesar 50%, dan pada saat berbuka 40% di tambah setelah melakukan shalat Tarawih sebanyak 10%, dan juga selalu di sarankan untuk banyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa,dan jangan lupa untuk selalu melengkapinya dengan nutrisi dan seimbangkan gula darah.

    1. Hindari Aktivitas Fisik Yang Berat

    Selama berpuasa tubuh memang terasa lesu dan lemah. Hal itu sudah tak di pungkiri lagi, sebagian besar orang menghindari aktivitas fisik yang berat bertujuan untuk menghemat energy di dalam tubuh, sama hal nya dengan pendertia diabetes, mereka menghindari aktivitas fisik yang berat bertujuan untuk mencegah timbulnya dampak buruk seperti hipogilkemia.

    1. Hindari Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak

    Salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia saat berbuka puasa yakni gorengan, tetapi memakan gorengan pada saat berbuka puasa bagi para penderita diabetes sangat tidak di anjurkan, karena gorengan dapat mendongkrak naik kadar gula darah pada tubuh secara signifikan, Jadi biasakan pada saat berbuka puasa hindari makanan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi

    1. Hindari Kafein.

    Bagi para penderita diabetes mengonsumsi kafein sangat tidak di anjurkan, hal itu dikarenakan tubuh harus tetap dan terhidrasi selama berpuasa ada banyak minuman yang mengandung kafein salah satunya yang paling terkenal yaitu kopi

    1. Sahur Denga  Makanan Yang Mengandung Banyak Protein

    Bagi para penderita diabetes di anjurkan untuk memakan makanan yang mengandung protein di saat sahur, hal ini bertujuan untuk menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu rendah, contoh makan makanan yang mengandung protein yaitu telor ikan, kacang kacangan, yoghurt dan juga telur

    Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat berpuasa bagi para penderita kolesterol, hal lain yang harus di perhatikan bagi para penderita kolesterol adalah selalu mengecek kadar gula darah nya usahakan pada saat berpuasa kadar gula darah antar 100-200 mg/dl selama berpuasa.

    Dan juga selalu membawa tablet glukosa agar dapat selalu mengecek kadar gula darah, dan membawa permen atau jus untuk tindakan cepat apabila tiba-tiba kadar gula darah anjlok. Dan biasakan untuk hindari kebiasaan tidur dalam waktu yang lama.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hal Yang Harus Di Perhatikan Penderita Diabetes Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar