Makanan Khas Jawa Tengah Dari Singkong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon merupakan jenis umbi-umbian yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Pertama kali masuk di Indonesia  ke wilayah Maluku pada abad ke 16. Pada awalnya, singkong sulit berkembang ke pulau jawa. Baru pertama kali di perkenalkan tahun 1852 di jawa timur. Hingga abad 19 akhir umbi-umbian ini masih sedikit peminatnya. Setelah abad ke 20, peminatnya meningkat drastis. Kemudian rakyat diperintahkan untuk membudidayakan singkong milik mereka.

    Singkong  dapat menggantikan posisi nasi sebagai makanan pokok karena umbi-umbian ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Tak heran pada zaman penjajahan dahulu, mereka lebih memilih singkong dari dapa nasi yang harganya mahal dan sulit didapatkan. Singkong dapat diolah menjadi beragam makanan yang lezat. Kami akan memaparkan makanan yang terbuat dari singkong.

    Makanan yang terbuat dari singkong adalah sebagai berikut :

    1. Getuk

    Mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Makanan yang berbahan dasar singkong ini, sangat nikmat apabila di santap pada pagi hari, teman minum kopi atau teh. Getuk dibuat dengan cara di tumbuk hingga halus kemudian diberi gula, agar lagi menarik, ditambahkan pewarna makanan. Setelah semua proses diatas selesai, getuk dikukus dan ketika sudah matang, getuk ditaburi serutan kelapa. Getuk pun siap di santap.

    1. Klepon

    Yang kedua adalah klepon. Kue ini berisikan gula merah, kalau dimakan dalam keadaan hangat gula ini akan lumer di mulut sehingga kelezatan kue ini bertambah. Kue ini biasanya ada ketika orang jawa menggelar hajatan atau mendoa sebagai cemilan pada saat acara. Klepon sekarang sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia karna penyebaran penduduk yang membawa resep kue ini dan membuatnya ketika berada di rantau.

    1. Tiwul

    Makanan ini termasuk makanan pokok  pada saat Zaman penjajahan dulu. Karena pada saat itu beras sangat sulit didapatkan, lalu rakyat membuat makanan ini sebagai pengganti nasi. Tetapi saat ini makanan ini juga sangat digemari. Makanan ini dibuat dari singkong yang dijemur. Kalori di makanan ini cukup rendah tapi makanan ini cukup mengenyangkan.

    1. Cenil

    Kue ini termasuk kue basah. Terbuat dari tepung kanji dan singkong yang haluskan kemudian di peras dan di diamkan untuk diambil sari patinya.  Makanan ini disajikan dengan ditaburkan gula pasir sehingga rasanya manis dan lezat. Agar terlihat menarik, makanan ini di beri pewarna makanan. Makanan ini mudah dijumpai pada bulan Ramadhan.

    1. Gatot

    Gatot adalah nama makanan ini. Bukan gatot kaca ya, tapi gatot saja. Disebut gatot karena makanan ini berasal dari singkong yang tidak bisa ditumbuk secara sempurna sehingga gagal total. Kemudian dijemur hingga kering, direndam semalaman, dipotong-potong terus di kukus menggunakan gula merah. Sehingga makanan ini bewarna cokelat. Tambahkan parutan kelapa agar makanan ini lebih lezat lagi.

    1. Tapai singkong

    Makanan yang di fermentasi hingga lembek ini merupakan makanan yang sangat digemari di jawa tengah bahkan diluar jawa tengah. Makanan ini banyak di pasar tradisional, tak hanya di pasar, makanan ini juga ada  di acara hajatan sebagai cemilan tambahan. Cara pembuatannya pun sangat gampang. Singkong yang sudah dibersihkan di campur dengan bahan khusus yang mengandung bakteri baik.

    Sekian makanan khas jawa tengah. Mungkin bisa menjadi referensi cemilan anda di rumah.(Taufik)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Jawa Tengah Dari Singkong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar