Syarat Untuk Menjadi Programmer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Melihat perkembangan zaman yang sudah semakin pesat, tentu di butuhkan inovasi-inovasi dalam bentuk hardware maupun software. Inovasi dalam bentuk fisik bisa berupa alat industry yang semakin canggih, sehingga pekerjaan yang biasanya dikerjakan manusia dapat dilakukan oleh robot. Sedangkan inovasi dalam bentuk non fisik atau software berupa aplikasi, website yang mungkin kamu gunakan saat ini.

    Pernahkah kamu berfikir bagaimana seseorang mampu membuat robot yang dapat mengerti bahasa manusia? Dapat melakukan kegiatan seperti manusia? Tentu memerlukan program yang membuat robot tersebut terlihat canggih.

    Kata “programmer” berasal dari kata “program” . Program adalah sebuah inovasi berbentuk software yang dibuat oleh manusia yang fungsinya untuk mempermudah pekerjaan manusia itu sendiri. Sedangkan programmer merupakan orang yang membuat aplikasi atau software tersebut.

    Untuk menjadi programmer kamu harus miliki syarat tertentu. Langsung saja, kami akan memberitahu syarat untuk menjadi programmer profesional, yaitu :

    1. Minat yang tinggi

    Kamu mungkin pernah mendengar, seorang anak masuk SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tapi tidak bisa membuat program apa-apa? Yap, itu karena mereka tidak mempunyai minat untuk mempelajari pelajari pelajaran yang ada di jurusan RPL. Atau, mereka salah pilih jurusan, itu sih yang sering mimin dengar dari anak-anak SMK yang tidak pandai membuat program.

    Minat disini memiliki arti kemauan seseorang untuk mempelajari apa itu pemrograman. Biasa seseorang minat terhadap IT, karena mereka mendengar jika gaji programmer itu jutaan, belasan juta, bahkan ada yang sampai puluhan juta. Tapi setelah mempelajarinya, mereka menyerah karena betapa sulitnya belajar bahasa pemrograman yang begitu banyaknya. Sehingga kemauan untuk mempelajarinya hilang, dan mereka tidak mendapat apa-apa setelah lulus dari jurusan RPL.

    1. Rasa penasaran

    Programmer sering dihadapi oleh permasalahan untuk hasil yang optimal. Untuk mengatasinya kamu harus mempunyai rasa penasaran terhadap bahasa pemrograman yang ada. Rasa penasaran sangat diperlukan untuk memupuk semangat kita dalam belajar pemrograman. Jadi pupuk rasa penasaranmu dengan mengenal banyak bahasa pemrograman lainnya.

    1. Mengetahui konsep dasar pemrograman

    Jika kamu ingin membangun rumah, tentu kamu harus membuat konsep atau pondasinya terlebih dahulu agar rumah kamu tidak mudah roboh. Begitupun dengan pemrograman, kamu harus memiliki konsep agar kamu lebih mengetahui bahasa pemrograman. Umumnya untuk pemula, kamu harus menguasai konsep dasarnya terlebih dahulu, seperti algoritma, flowchat dll. Memulai dari awal adalah langkah yang perlu kamu tempuh agar menjadi programmer handal.

    1. Masuk jurusan pemrograman

    Mempelajari programming bisa kamu lakukan secara otodidak, tapi tentu sangat sulit karena tidak ada yang membimbing dan memberi arahan kepada kamu. Masuk jurusan yang ada pemrogramannya salah satu alternatifnya. Dengan adanya seseorang yang membimbing kamu, kamu akan mudah mempelajari pemrograman karena bisa langsung bertanya apabila ada yang tidak dimengerti. Jika kamu mau masuk SMK, kamu bisa masuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dan jika kamu masuk perguruan tinggi, kamu bisa masuk Teknik Informatika.

    1.  Tekun dan ulet

    Yang paling penting jika kamu ingin mempelajari pemrograman adalah tekun dan ulet. Jika kamu belajar setengah-setengah, tentu hasilnya akan tidak memuaskan. Maka, diperlukan kedua sifat ini wajib kamu milik untuk mempelajari bahasa pemrograman.

    Indonesia memerlukan programmer handal untuk menciptakan inovasi-inovasi baru agar Indonesia lebih dikenal dan disegani oleh warga dunia. Mungkin kamu salah satu anak bangsa yang akan membuat Indonesia terkenal d imata dunia dengan inovasi yang kamu miliki. So, don't give up easily and keep on creating for a more advanced Indonesia.(Taufik)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Syarat Untuk Menjadi Programmer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar