Waspada Pada Penyakit Kelamin Yang Berbahaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pria atau pun wanita wajib menjaga kebersihan organ intim agar terhindar dari penyakit kelamin. Banyak sekali faktor –faktor yang dapat menimbulkan penyakit kelamin, diantaranya seperti Bakteri, Jamur, dan juga parasit yang dapat menginfeksi organ intim. Infeksi itu akan terjadi apabila terlalu banyak faktor. Terutama pada kebiasaan mencuci organ intim dengan tidak bersih sehingga melakukan hubungan seksual yang kurang baik.

    Berikut jenis penyakit kelamin yang perlu kamu ketahui dan harus diwaspadai, antar lain :

    Bartholinitis

    Jenis dari penyakit adalah penyakit yang tidak menular ketika melakukan hubungan seksual. Penyebabnya yaitu infeksi bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian pinggir. Gejala penyakit ini yaitu disebabkan dai demam dan perasaan kurang sehat. Di bagian vagina juga akan mengalami pembengkakan sebelah kiri dan kanan. Penyakit ini akan berdampak negative apabila tidak diatasi dan akan berubah menjadi kista bartholinitis.

    Herpes Genitalis

     Penyakit ini biasa disingkat HSV. Penyakit ini adalah salah satu jenis infeksi STD (Penyakit menular jika melakukan hubungan seksual ).penyakit ini terbagi menjadi dua. HSV pertama  ini akan menyerang badan bagian pinggang ke atas, dan HSV yang kedua akan menyerang badan di bagian bawah pinggang.  Gejala HSV ini akan muncul seperti  ada rasa terbakar di bagian kulit yang akan menyebabkan luka. Selanjutnya, penderita akan merasakan rasa sakit kepala, pusing, cepat lelah, demam dan nyeri di bagian otot.

    Kanker Serviks

    Penyakit ini adalah jenis kanker yang ditakuti kaum hawa. Menurut WHO, penyakit ini menduduki peringkat pertama yang akan menyebabkan kematian. Penyakit ini biasanya juga disebut sebagai leher rahim, penyakit disebabkan oleh virus HPV yang berkembang hampir 10-20 tahun akan tetapi tanpa tidak disadari. Kanker ini tidak mempunyai ciri – ciri yang spesifik, akan tetapi pada umumnya  seseorang yang akan mengidap kanker Serviks ini akan mengalami keputihan yang berlebihan, sakit ketika berhubungan intim, dan darah yang haid yang keluar juga melebihi jumlah yang normal.

    Ulkus Mole

    Adalah salah satu jenis penyakit yang tertular melalui hubungan seksual dan akan lebih sering  menyerang pada pria dibandingkan denga wanita. Terutama pada pria yang suka atau sering ganti pasangan. Pada umumnya, penyakit ini sudah ada di Negara tropis. Ulkus Mole ini bisa disembuhkan denga cara Antiseptik. Ciri – ciri penyakit pada pria yaitu akan terjadi luka dipangkal atau bagian paha sepanjang hampir 3 – 30 cm dan rasa sakit ketika sudah infeksi. Sedangkan pada wanita akan mengalami rasa sakit ketika buang air kecil, keputihan, dan luka di bagian dalam Vagina.

    Trikomoniasis

    Penyakit ini disebabkan oleh Parasit Protozoa, penyakit ini merupakan salah satu penyakit kelamin yang akan menular ketika melakukan hubungan seksual. Penyakit ini juga adalah satu dari tiga yang pada umumnya akan terjadi pada wanita. Faktor yang akan menimbulkan penyakit Trikominiasis ini yaitu sering ganti – ganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sudah terinfeksi, atau juga tidak menjaga kebersihan organ intim dengan baik. Pada umumnya, penyakit ini menunjukkan tanda di bagian vagina seperti warna dinding vagina yang agak kekuningan dan juga berbau yang tidak enak. Vagina juga terlihat bengkak dan kemerahan.

    Maka dari itu, apabila kamu sudah pernah melakukan hubungan intim bersama pasanganmu, maka kamu harus menjaga kesehatan organ intim dan harus waspada pada risiko penularan penyakit kelamin.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspada Pada Penyakit Kelamin Yang Berbahaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar