Makanan Khas di Kabupaten Jayapura

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Jayapura merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Papua. Ibukota kabupaten ini terletak di Sentani sekitar 33 km dari kota Jayapura. Kabupaten ini sangat banyak menyimpan destinasi alam yang sangat indah dan menakjubkan, selain memiliki banyak tempat wisata yang indah di kabupaten ini juga memiliki makanan yang khas disana.

    Makanan khas dari kabupaten Jayapura beragam cita rasa dan memiliki keunikannya tersendiri dalam menarik perhatian orang yang berkunjung di kabupaten Jayapura. Berikut beberapa makanan khas di kabupaten Jayapura yang wajib untuk anda cicipi :

    1. Carabak

    Carabak merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia, ada beberapa daerah yang menyebut makanan ini berasal dari daerah nya masing-masing seperti Makassar, ada pula yang berasal dari Jawa, tapi Carabak di kabupaten Jayapura sangat lah berbeda dari berbagai daerah tersebut.

    Carabak disini memiliki keunikan dan rasa yang disuguhkan dari Carabak sangat menggoda selera, Carabak sendiri berupa gimbal goreng atau tempe goreng yang di satukan dalam satu hidangan, lalu ditambah dengan kuah kacang yang agak sedikit kental.

    Makanan Carabak asli dari kabupaten Jayapura sangat enak dan unik, karena di makanan ini ditambah dengan kuah kacang yang sangat menggoyang lidah, apalagi ditambah gorengan seperti tempe atau gimbal, rasanya begitu sempurna bila dimakan secara bersamaan.

    1. Udang Selingkuh

    Udang Selingkuh merupakan salah satu makanan yang sangat unik dan menarik di kabupaten Jayapura, makanan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan makanan  berjenis Seafood. Udang yang digunakan dalam makanan ini yaitu jenis Udang capit yang besar. Rasa dari Udang yang memiliki capit besar sangat lah empuk ketika dimakan, tak heran makanan ini menggunakan udang bercapit besar agar memiliki rasa yang enak dan khas dari kabupaten Jayapura.

    Makanan ini berbeda dengan Udang yang biasa kita makan pada umumnya, Udang Selingkuh memiliki capit yang besar dan memiliki daging lebih banyak dari pada udang biasanya. Harga dari Udang Selingkuh ini sekitar 100.000 rp sampai 300.000 rp harga dari makanan ini lumayan terbilang mahal, tapi anda akan tidak merasa rugi ketika membeli makanan ini, udangnya yang besar dan memiliki rasa yang sangat empuk ketika dimakan,  tak heran harga dari udang ini terbilang mahal.

    1. Papeda

    Papeda merupakan makanan khas dari wilayah wilayah provinsi Papua khususnya kabupaten Jayapura. Papeda memang terkenal di bagian wilayah timur tapi makanan Papeda ini lebih popular dan lebih banyak di produksi di kabupaten Jayapura, Papeda sendiri terbuat dari bahan utamanya yaitu sagu tumang,

    Papeda dioleh seperti bubur yang berwarna putih dan sengaja dibuat agar bertekstur lengket seperti lem, keunikan makanan Papeda ini berasal dari bentuk dan tampilan nya yang menyerupai lem putih yang sangat kental serta lengket ketika di sentuh.

    Rasa dari makanan khas dari kota Fakfak ini hanya terasa hambar dan tidak terasa rasa tambahan bumbu apapun di dalamnya. Biasanya masyarakat kabupaten Jayapura memakai bahan tambahan agar menjadikan Papeda ini sangat enak dan unik ketika di makan, bahan tambahan yang biasa di gunakan yaitu Ikan Tongkol, Ikan Mubara, dan Ikan Merah. Ikan-ikan tersebut menjadi penambah rasa yang sangat enak dan menggoyang lidah siapa saja yang memakannya.

    1. Es Buah Pak Ali

    Makanan ini sejenis es yang sangat terkenal dan populer di kabupaten Jayapura, es buah ini selalu ramai akan pengunjung yang berdatangan dari masyarakat kabupaten Jayapura. Letak lokasi es buah pak Ali tepatnya terletak di daerah APO, anda bisa menemukan es ini di sekitaran daerah tersebut.

    Rasa dari es buah ini sangat segar dan enak ketika dimakan, tak heran jika selalu ramai akan pembeli, es buah pak Ali buka pada jam 12 siang sampai sore, kadang terlalu ramai para pembeli es buah ini sangat cepat habis terkadang hanya butuh waktu 2 jam saja es buah ini akan tutup lagi.

    Itulah beberapa makanan khas di kabupaten Jayapura yang wajib untuk coba dan cicipi bersama keluarga anda jika ingin berkunjung kesini. Rasa dari makanan di kabupaten ini sangat enak dan tidak bisa diragukan lagi keunikan rasanya.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas di Kabupaten Jayapura
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar