Makanan Khas Di Kabupaten Jayawijaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Jayawijaya merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Papua. Ibukota kabupaten Jayawijaya terletak di Lembah Baliem atau biasa di sebut Lembah Agung. Kabupaten Jayawijaya terkenal dengan keindahan alam dan nuansa panorama nya yang sangat indah, tak heran Jayawijaya juga merupakan kabupaten yang sering dikunjungi oleh para wisata.

    Selain terkenal akan keindahan alam dan nuansa panoramanya yang menakjubkan, kabupaten Jayawijaya juga memiliki makanan khas nya sendiri, makanan di kabupaten Jayawijaya sangatlah unik dan enak.

    Berikut beberapa makanan khas dari kabupaten Jayawijaya yang harus anda coba ketika berada di kabupaten ini, makanan di kabupaten ini sangat unik dan enak, sangat cocok untuk anda yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi:

    1. Udang Selingkuh

    Udang Selingkuh merupakan salah satu makanan yang sangat unik dan menarik di kabupaten Jayawijaya, makanan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan makanan  berjenis Seafood. Udang yang digunakan dalam makanan ini yaitu jenis Udang capit yang besar. Rasa dari Udang yang memiliki capit besar sangat lah empuk ketika dimakan, tak heran makanan ini menggunakan udang bercapit besar agar memiliki rasa yang enak dan khas dari kabupaten Jayawijaya.

    Makanan ini berbeda dengan Udang yang biasa kita makan pada umumnya, Udang Selingkuh memiliki capit yang besar dan memiliki daging lebih banyak dari pada udang biasanya. Harga dari Udang Selingkuh ini sekitar 100.000 rp sampai 300.000 rp harga dari makanan ini lumayan terbilang mahal, tapi anda akan tidak merasa rugi ketika membeli makanan ini, udangnya yang besar dan memiliki rasa yang sangat empuk ketika dimakan,  tak heran harga dari udang ini terbilang mahal.

    1. Papeda

    Papeda merupakan makanan khas dari wilayah wilayah provinsi Papua khususnya kabupaten Jayawijaya. Papeda memang terkenal di bagian wilayah timur tapi makanan Papeda ini lebih popular dan lebih banyak di produksi di kabupaten Jayawijaya, Papeda sendiri terbuat dari bahan utamanya yaitu sagu tumang,

    Papeda dioleh seperti bubur yang berwarna putih dan sengaja dibuat agar bertekstur lengket seperti lem, keunikan makanan Papeda ini berasal dari bentuk dan tampilan nya yang menyerupai lem putih yang sangat kental serta lengket ketika di sentuh.

    Rasa dari makanan khas dari kota Fakfak ini hanya terasa hambar dan tidak terasa rasa tambahan bumbu apapun di dalamnya.

    Biasanya masyarakat kabupaten Jayawijaya memakai bahan tambahan agar menjadikan Papeda ini sangat enak dan unik ketika di makan, bahan tambahan yang biasa di gunakan yaitu Ikan Tongkol, Ikan Mubara, dan Ikan Merah. Ikan-ikan tersebut menjadi penambah rasa yang sangat enak dan menggoyang lidah siapa saja yang memakannya.

    Kuah dari makanan Papeda tersebut tak kalah menarik dan sangat enak, kuah dari  Papeda memiliki pameran penting di makanan Papeda, kuah dari Papeda dibuat dengan bahan kunyit yang sudah peras sehingga menghasilkan warna kekuningan yang menarik di makanan Papeda tersebut.

    Makanan yang khas satu ini sangat banyak diburu oleh para pengunjung yang selesai pergi berwisata ke daerah kabupaten Jayawijaya, selain rasanya yang lengket dan unik Papeda juga sangat enak ketika disantap secara bersamaan dengan nasi serta lauk pauk.

    1. Kue Lontar

    Kue lontar terbuat dari berbagai campuran susu kental, telur serta margarin, bukan terbuat dari daun lontar. Kue lontar sendiri sangat terkenal di kabupaten Jayawijaya, jika anda pergi ke kabupaten Jayawijaya anda harus mencicipi makanan khas yang sangat unik dan enak ini, secara tampilan kue lontar hampir mirip dengan kue pie susu bali, dan juga memiliki warna kuning yang sama. Kue lontar memiliki banyak varian rasa dan juga memiliki ukuran yang berbeda.

    Itulah beberapa makanan khas dari kabupaten Jayawijaya yang wajib untuk anda cicipi, makanan di kabupaten Jayawijaya sangat menjunjung tinggi rasa keunikan dan rasa yang khas dari kabupaten itu sendiri.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Di Kabupaten Jayawijaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar