Oleh – Oleh Khas Rantau Prapat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rantau Prapat merupakan ibu kota Kabupaten Lahan Batu, Sumatra Utara. Daerah ini melewati jalan raya Sumatera Timur. Kota Rantau Prapat ini terdapat di perbatasan Sumatera Utara dengan Riau. Daerah ini sudah terdapat Jalan kereta Api yang menghubungkan dengan kota Medan. Setiap daerah memiliki makanan khas masing – masing. Makanan khas tersebut juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Berikut ini makanan khas Rantau Prapat.

    Anyang Buas – Buas

    Makanan ini terbuat dari daun, yaitu daun Buas – Buas. Tanaman ini biasanya terdapat di dataran rendah. Bukan hanya untuk dimakan saja, akan tetapi daun ini mempunyai aroma yang sangat harum. Daun makanan ini diambil di bagian ujungnya saja. Daun ini juga banyak mengandung gizi.

    Cara membuat makanan ini tidak begitu sulit. Pertama, pucuk daun Buas – Buas tadi dibersihkan menggunakan air agar kotorannya hilang dan tidak ada zat- zat yang berbahaya. Agar cepat masak dan juga lembut, maka perlu dipotong lebih kecil  agar tidak terlalu keras. Jika tidak dipotong pun tidak apa, asalkan dicuci bersih dan dimasak dengan lama. Pada sekarang ini makanan ini sudah sangat jarang terlihat di Rantau Prapat. Hanya seorang ibu yang menjual makanan ini di sekitar pantai. Makanan ini juga biasa disajikan pada saat Ramadhan. Makanan ini sejak dulu sudah jadi makanan yang disukai warga Rantau Prapat. Kebanyakan yang membuat makanan ini yaitu di daerah Ajamu, Negeri Lama, Sungai Berombang, Labuhan Bilik, dan beberapa daerah Lahan Batu. Makanan ini sangat jarang dijual di warung. Dikarenakan makanan ini biasa dijual pada bulan Ramadhan.

    Bolu Kampung Ika La Iya

    Bolu ini pasti tidak asing lagi bagi masyarakat Rantau Prapat, Lahan Batu. Bolu ini merupakan makanan khas yang mempunyai branding, dan juga ikut mendeklarasikan sebuah potensi yang terdapat di Kabupaten Lahanbatu ini, baik di dalam daerah maupun diluar daerah tersebut. Nama  Ika La Iya ini diambil dari kata melayu pesisir pantai yang berada di sebuah pantai.

    Bolu Ika La Iya ini dijadikan sebagai oleh – oleh khas rantau Prapat Kabupaten Lahanbatu. Arti dari kue Ika La Iya ini yaitu “inilah dia”. Kue ini sangat lezat dan juga gurih. Selain itu juga Bolu ini tidak asing lgi di daerah Sumatera Utara. Proses pengelolaannya yang sangat Higenis dan Profesional ini membuat para pembeli kue ini meningkat setiap hari.

    Bukan hanya masyarakat di dalam daerah ini tersebut saja yang diminati, akan tetapi Bolu ini banyak diminati masyarakat luar bahkan para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Makanan ini ke depannya akan di inovasi bukan hanya kue Bolu saja.  Akan tetapi masih banyak makanan khas lainnya yang dijadikan sebagai oleh – oleh.    

    Bagi yang ingin menikmati atau merasakan Kue Bolu ini, kamu tidak perlu pusing, cukup pergi ke tempatnya saja. Soal cita ras, kamu tidak perlu khawatir, karena sudah dijamin enak dan lezat. Bolu ini banyak sekali diminati masyarakat terutama warga Lahanbat, Rantau Prapat.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh – Oleh Khas Rantau Prapat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar