Bahaya Tidur Dengan Kipas Menyala

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kipas merupakan alat elektronik yang biasa digunakan untuk pendingin ruangan atau untuk menghilangkan gerah. Bayak orang biasanya tidur dengan menyalakan kipas. Ternyata tidur dengan kipas menyala berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan beberapa penyakit.

    Berikut bahaya yang bisa kamu derita apabila kamu tidur dengan kipas menyala.

    1. Dehidrasi dan Hipotermia

    Dampak pertama yang bisa kamu rasakan jika kamu tidur dengan kipas menyala adalah dehidrasi. Jikaseseorang berada dalam ruangan yang dingin denga waktu yang lama maka tubuh mereka akan kekurangan cairan. Hal ini disebabkan oleh udara dingin menyerap air dalam tubuh. Apabila terjadi terus menerus sepanjang malam kelembaban tubuh akan turun dan menyebabkan rasa haus bahkan bisa menyebabkan dehidrasi.

    1. Iritasi Sinus

    Ketika kamu menyalakan kipas angin maka udara dalam ruangan akan menjadi kering. Udara yang kering akan menyebabkan selaput lendir dalam rongga hidung akan menjadi kering. Semakin kering selaput ini maka produksi lendir akan semakin banyak. Hal ini akan menyumbat saluran pernafasan dan akan menyebabkan iritasi sinus pada hidung.

    1. Leher Kaku

    Leher kaku ketika bangun tidur disebabkan oleh kipas angin mengeluarkan angin dinginyang membuat otot leher kamu menjadi kencang. Otot yang kencang akan menyebabkan leher dan bahu kaku bahkan bisa menyebabkan keram.

    1. Penyakit Bell Palsy

    Penyakit ini merupakan penyakit dimana sistem syaraf wajah menjadi tegang, susah berekspresi, dan sulit untuk tersenyum. Penyebabnya adalah suhu dingin yang fokus pada wajah secara terus menerus sepanjang malam. Apabila wajah terlalu lama terpapar udara dingin dari kipas angin, maka kamu berisiko untuk mengalami penyakit syaraf ini.

    1. Tubuh Kekurangan Oksigen

    Tubuh kamu akan kekurangan oksigen apabila arah kipas angin langsung pada wajah. Kekurangan oksigen akan memberikan dampak buruk. Apabila angin mengenai mulut dan hidung di dalam ruang yang tidak mempunyai pentilasi.

    Hal ini mengakibatkan udara yang berputar-putar di dalam akan diperbaharui, yang mengakibatkan oksigen tidak bisa berfungsi dengan baik ketika dihirup oleh tubuh.

    1. Asma

    Bagi penderita asma atau alergi pada debu, kipas angin merupakan benda wajib kamu hindari. Kipas angin yang menyala akan menyerap debu yang ada di sekitar ruangan. Apabila kipas angin tidak rutin dibersihkan, akan mengakibatkan tenggorokan gatal, mengalami gejala asma, dan batuk.

    1. Penyakit Gusi dan Gigi

    Setelah semalaman terpapar udara dingin dari kipas angin, tenggorokan dan mulut akan menjadi kering. Apabila dalam jangka panjang akan mengakibatkan masalah pada gusi dan gigi kamu.

    1. Gejala Hipotermia

    Biasanya Hipotermia terjadi di daerah ketinggian. Namun gejala ini juga bisa terjadi dalam kondisi tubuh terasa kedinginan, meski berada di daerah daratan. Kedinginan yang lama bisa menyebabkan tubuh beku dan pembuluh darah kerut. Hal ini dapat memutus aliran darah menuju hidung, tangan, telinga, dan jari kaki. Bahkan tubuh menggigil.

    Gejala awal hipotermia terjadi akibat suhu tubuh kurang dari 36 derajat, kedua kaki dan tangan terasa dingin. Hipotesis berat terjadi jika suhu tubuh karang dari 32 derajat. Ini akan terjadi apabila suhu tubuh bukan suhu ruangan.

    Itulah beberapa bahaya jika kamu tidur di papar udara dingin sepanjang malam. Untuk itu mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan tidur dengan kipas angin menyala. yuk mulai dari sekarang hidup sehat dari diri sendiri.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Tidur Dengan Kipas Menyala
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar