Penyebab Polip Dan Cara Mengobatinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penyakit Polip ini merupakan suatu jaringan Abnormal dan mempunyai tangkai yang tumbuh di dalam tubuh seseorang. Polip ini biasanya ukurannya kecil dan mempunyai tangkai yang berbentuk jamur. Polip ini bisa tumbuh dimana saja pada tubuh manusia.

    Polip ini biasanya sering sekali salah diartikan sebagai tumor yang sangat berbahaya.  Akan tetapi, kenyataannya polip merupakan sebuah tumor yang jinak yang artinya polip bukan merupakan sebuah kanker. Akan tetapi penyakit ini harus diwaspadai, karena polip ini merupakan sebuah jaringan yang tumbuh secara abnormal dan bisa berkembang menjadi sesuatu yang sangat ganas (kanker).

    Berikut ini saya akan menjelaskan Gejala, Penyebab dan cara mengobati polip, antara lain :

    Gejala Polip

    Gejalanya sanat bermacam – macam tergantung pada lokasi atau pun tempat tumbuhnya. Ada saatnya tumbuhnya polip ini sama sekali tidak menimbulkan suatu gejala pada penderitanya, akan tetapi ada beberapa kasus , polip ini bisa mengganggu seseorang dalam beraktivitas. Pada wanita yang mempunyai penyakit polip serviks, penderitanya akan mengalami pendarahan yang akan terjadi setelah melakukan hubungan seksual dengan suaminya.  Pada penderita polip hidung  akan terasa tersumbat pada bagian hidung dan ketika bernapas tidak lega. Penderita  polip pada pita suara akan adanya  perubahan pada suara. Penderita pada polip saluran kemih akan terjadinya gangguan ketika Buang Air Kecil seperti sedikit nyeri, anyang-anyangan, dan juga keluarnya darah pada urine.

    Diagnosis Polip

    Diagnosa Polip dengan Anamnesis dan pemeriksaan  pada fisik tergantung dari keberadaan polip yang bisa diketahui melalui proses Anamnesis. Setelah dilakukannya pemeriksaan  pada fisik, dokter bisa melakukan pemeriksaan penunjang seperti Rontgen, USG, maupun CT-Scan. Di setiap beberapa kasus dianjurkan oleh dokter untuk melakukan Biopsi untuk menentukan  polip polip yang bersifat jinak atau ganas (kanker).

    Penyebab dan Faktor Resiko Polip

    Polip ini disebabkan berbagai macam  dan bergantung pada tempat tumbuhnya polip tersebut. Terkadang Dokter pun juga tidak tahu penyebab timbulnya  polip. Dibawah ini penyebab terjadinya polip antara lain sebagai berikut :

    • Riwayat Inflamasi/radang pada tempat timbulnya polip
    • Riwayat kemasukan benda asing
    • Kista
    • Tumor
    • Kadar Estrogen yang sangat tinggi
    • Radang Kronis pada perut

    Resiko terjadinya polip ini perlu dibedakan dari tempat timbulnya polip tersebut. Sebagai contoh, seorang laki-laki yang merokok mempunyai resiko rendah untuk penderita polip pada rahim.

    Berikut ini Resiko Polip antara lain :

    • Resiko Polip Usus Besar
    1. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendahnya serat
    2. Usia lebih kurang 50 Tahun
    3. Memiliki keluarga yang memiliki kanker usus besar
    4. Merokok dan minuman keras (Alkohol)
    5. Obesitas
    6. Jarang berolahraga
    7. Diabetes
    • Resiko Polip Lambung
    1. Usia
    2. Infeksi Lambung
    3. Sindroma Ginetik
    4. Sering mengkonsumsi obat PPI seperti Nexium, Omeprazole dan Pantoprazole
    • Resiko Polip Hidung
    1. Infeksi sinus
    2. Alergi
    3. Asma

    Penanganan Polip

    Polip yang tidak  berbahaya tidak perlu penanganan secara khusus, akan  tetapi ada juga penderita polip ingin polipnya agar dibuang dengan cara operasi.

    Pencegahan Polip

    Tumbuhnya polip ini tidak bisa dicegah seperti polip hidup dan rahim. Akan tetapi polip usus Besar dapat dicegah melalui gaya hidup.  

    Cara mencegah Polip :

    • Harus mengkonsumsi makanan yang sehat, akan kaya serat
    • Jangan mengkonsumsi alcohol secara berlebihan
    • Tidak Merokok
    • Sering Berolahraga.

    Kapan Kamu Harus Ke Dokter ?

    Jika kamu sering merasakan sakit di bagian hidung, susah untuk bernapas, terjadinya perubahan suara, dan lainnya.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Polip Dan Cara Mengobatinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar