TNTN Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Daftar Isi

    PELALAWAN-Cuac yang panas dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan sebagian kawasan Taman Nasionak Tesso Nilo terbakar. Tim gabungan terus berjibaku melakukan pemadaman. 

    Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur mengatakan, kebakaran di TNTN tepatnya terjadi di Dusun Toro, Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

    "Kebakaran terjadi di kordinat 0°11’17”, 101°52’06” kawasan sektor TNTN," ucap Jim Gapur, Rabu (20/3/2019).

    Dia menjelaskan, kebakaran di kawasan TNTN sudah berlangsung selama tiga hari. Pemadaman kebakaran di kawasan lindung ini dilakukan prajutit TNI, personel Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), serta dan personel Balai TNTN.

    "Saat ini tim masih melakukan upaya pendinginan," ucapnya seperti yang dilaporkan okezone.com

    Taman Nasional Tesso Nilo merupakan kawasan hutan daratan dengan luas areal 83 ribu hektare terbentang dari Kabupaten Pelalawan hingga Kabupaten Indrgiri Hulu. Kawasan TNTN dihuni sekira 80 ekor gajah Sumatera.

    Namun dalam satu dekade ini, terjadi penjarahan besar-besaran di kasawan hutan lindung. Kasawan hutan konservasi ini disulap jadi kebun kelapa sawit milik para cukong. Bahkan sebagian sudah menjadi permukiman yang dihuni ribuan warga. TNTN juga selalu jadi sasaran pembakaran para pelaku yang ingin membuka lahan.

    Selain di TNTN, kebakaran juga terjadi di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Tim gabungan juga berupaya menjinakkan si jago merah.

    "Empat alat berat jenis eskavator juga dikerahkan untuk membantu pemadaman. Kebakaran di sana sudah memasuki hari ke 13," katanya.(haz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel TNTN Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar