Makanan Khas Toboali Bangka Selatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tobali Bangka Selatan terkenal dengan kaya akan hasil lautannya, maka dari itu ciri khas makanan dari Bangka ini adalah hasil-hasil dari lautan dan olahannya pun hasil dari laut, yang dibudidayakan oleh masyarakat bangka selatan.

    Tidak hanya itu ada juga hasil dari perkebunan. Hasil lautan tersebut berupa, ikan, udang, cumi-cumi, siput dan lain sebagainya. Dan tidak hanya itu ada juga hasil dari perkebunan, yaitu cempedak, durian. Dan ada juga hasil dari alam yaitu berupa madu pahit dan madu manis yang dihasilkan dari lebah hutan pulau bangka dengan khasiat baik untuk di konsumsi karena madu nya asli dari hutan Bangka.

    Berikut Ini Adalah Makanan Khas Bangka Selatan Yang Terkenal:

    1. Lempah Kuning

    Lempah kuning ini adalah makanan khas Bangka yang dihidangkan untuk keluarga dan masyarakat yang menjadikan lempah ini sebagai menu utama. Lempah ini tidak hanya di hidangkan saat kumpul bareng keluarga tetapi lempah ini juga dihidangkan saat upacara adat dan keagamaan.

    Tradisi ini di sebut dengan tradisi masyarakat Pangkal Pinang dan di sebut sepintu sedulang, segala sesuatu kegiatan dikerjakan bersama-sama atau berkelompok, biasanya sebelum masyarakat bangka melakukan pekerjaan ataupun setelah menyelesaikan hajatan besar maupun berkerja sama, makanan lempah kuning ini adalah menu utama yang dimasak dan dihidangkan untuk dimakan bersama-sama masyarakat Bangka.

    1. Getas Atau Kretek

    Pada umumnya makanan ini adalah makanan ringan yang di panggil getas atau kretek, kerupuk ini di olah dari hasil laut yaitu ikan tenggiri, makanan ini cocok di jadikan cemilan atau teman makan dari nasi karena rasanya yang gurih dan enak kerupuk ini bisa temani menu makanan apa saja, getas ini sering dijadikan oleh-oleh saat anda pulang liburan dari bangka.

    1. Martabak Manis Bangka

    Martabak ini adalah cemilan yang sangat lezat saat di hidangkan dengan kopi dan teh. Apalagi martabak ini diisi keju, cokelat, wijen, kacang, jagung dan diselimutimentega, susu kental manis, dan mentega itu sangat menakjubkan, martabak ini diolah menggunakan tepung terigu. Yang menjadikan martabak ini sangat enak dan lezat.

    1. Sambal Binjai

    Sambal ini olahannya dari buah yang bernama binjai dan rasnya itu agak kecut di lidah dan sepat rasanya. Tapi jika buah ini di gabungkan dengan belacan danmaka akan jadilah sambal binjai yang rasa nya top dan maknyus sehingga rasa sepat buah tersebut akan hilang.

    1. Otak-Otak Khas Bangka

    Otak-otak ini makanan atau cemilan khas bangka yang terbuat dari hasil tangkapan laut juga yaitu ikan tenggiri, sambal tauco. Yang di bungkus menggunakan daun pisang, sehingga perpaduan otak-otak dan daun pisang tersebut mengeluarkan aroma yang membuat anda menjadi ngiler.

    1. Kue Rintak Khas Bangka

    Kue rintak ini berbentuk bunga, dan rasa nya ada manis-manisnya. Kue ini diolah dari tepung terigu, tepung sagu, dan telur, kelapa yang sudah di parut, gula aren, gula pasir, yang dicampur menjadi satu adonan setelah itu di bentuk seperti bunga dan di panggang adonannya di oven. Sehingga adonan yang berbentuk bunga tersebut  mengembang dan aroma kuenya keluar tercium dari oven.

    Nah, begitulah olahan makanan khas dari Bangka selatan yang bermacam bentuk dan rasa. Mulai dari lauk pauk, cemilan, apakah anda tertarik mencicipi makanan khas Bangka? Buruan liburan ke Bangka Selatan yang olahannya asli buatan masyarakat Bangka.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Toboali Bangka Selatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar