Makanan Khas Koba Bangka Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Nama makanan sering menggunakan nama pencipta atau daerahnya. Hal ini akan bertujuan untuk menunjukkan bahwa makanan itu berasal dari daerahnya. Makanan khas Bangka ini adalah Mie Koba. Mie koba merupakan salah satu mie yang berasal dari Bangka Tengah. 

    Jika sudah merasakan Mie koba ini pasti tidak ada yang ingin menolak kenikmatan mie Koba. Di Indonesia ini mempunyai beragam jenis mie di setiap daerahnya masing – masing. Seperti di daerah Bangka. Makanan khas Koba adalah Mie Koba.

    Mie koba ini berasal dari Koba, Kabupaten Bangka Tengah, kepulauan Bangka Belitung. Mie koba ini merupakan kuliner yang pasti membuat kamu ketagihan setelah mencicipinya. Mie koba ini terbuat dari kuah Tenggiri khas Bangka. Rasanya juga sangat enak dan gurih. Sama juga dengan namanya, Mie koba ini sangat banyak disukai masyarakat.

    Di Bangka Mie koba ini sudah dijadikan makanan khas sehari – hari. Akan tetapi bagi para wisatawan, Mie koba ini merupakan kuliner yang harus disantap jika pergi ke Bangka. Sebenarnya, isi satu porsi Mie koba ini sangat sederhana. Cuma di isi dengan Mie, Telur, Toge, Seledri, dan juga Bawang goreng. Tetapi jangan salah menilai, cita rasanya yang sangat khas. Kuah Tenggirinya ini membuat kamu lupa daratan dan akan bikin rindu untuk singgah ke Bangka ini.

    Mie nya terbuat dari bahan yang sangat berkualitas. Mie koba dengan berbahan gandum ini akan mengherankan masyarakat dengan kekenyalan dan juga tekstur  yang dimiliki Mie koba ini. Mengunyahnya juga begitu enak, tidak akan membuat tenggorokan atau rahang kamu pegal.

    Di Bangka dan juga Belitung ini terkenal akan buah jeruk kunci. Dengan rasanya yang begitu agak sedikit asam dan kecut di bibir tapi sangat menyegarkan. Jeruk kunci ini adalah salah satu bahan rahasia yang membuat kuah tenggiri Mie koba ini akan terasa semakin nikmat dan enak. Ketika mencicipi kuahnya pasti kamu merasakan kepekatan kuahnya yang agak sedikit asam, akan tetapi tetap lezat.

    Jika kamu berkesempatan singgah ke Bangka, ada satu tempat yang paling Recommended  yang sudah disediakan Mie Koba. Mie koba ini suah ada sejak pada tahun 1980-an. Lokasinya berada di Jalan Balai, Pangkal Pinang. Jangan ditanya berapa banyak pengunjung daam sehari. Jumlahnya hampir ratusan. Jadi dengan itu sudah bisa ditebak bagaimana enaknya Mie koba dari Bangka tersebut.

    Pada umumnya sajian Mie koba diberi bahan pelengkap toge rebus, dan ditambahkan topping daging ikan serta daun seledri dan juga bawang goreng. Sehingga membuat rasa yang sangat enak dan juga gurih. Selain itu juga, kuahnya akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan cukup pedas.

    Bagi kamu yang ingin merasakan mie Koba, kamu juga bisa langsung ke tempatnya untuk menyantap Mie koba tersebut. Jarak tempuh lebih kurang satu jam dari kota Pangkal Pinang.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Koba Bangka Tengah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar