Kuliner Di Karimunjawa Yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Karimunjawa terdapat di Utara Jawa Tengah tepatnya di 80 km dari Kota Kartini Jepara. Karimunjawa termasuk dalam Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Karimunjawa memilik keindahan bawah laut dan wisara bahari yang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Tidak hanya memiliki keindahan bawah laut Karimunjawa juga memiliki kuliner-kuliner lezat yang tak kalah dengan kuliner-kuliner lain yang ada di Indonesia.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa kuliner Karimunjawa yang wajib kamu cicipi jika berkunjung kesana.

    1. Pindang Serani

    Pindang Serani merupakan makan khas Jepara yang juga terdapat di Karimunjawa. Pindang Serani memiliki kuah berwarna kuning ditambah dengan potongan tomat, daun kemangi dan belimbing. Kuah pindang ini memiliki citarasa asam dan manis. Pindang ini memiliki rasa gurih dari ikan bandeng yang menjadi bahan utamanya.

    1. Bakso ikan ekor kuning

    Ikan ekor kuning merupakan ikan yang banyak terdapat di Karimunjawa. Ikan ini sering dijadikan bakso. Di alun-alun Karimunjawa banyak penjual bakso dengan bahan dasar ikan ekor kuning ini. untuk harga satu porsi bakso ini dihargai sebesar Rp10.000.

    Bakso ini biasanya disajikan dalam mangkuk dengan irisan sawi dan bihun seperti bakso pada umumnya. Apabila kamu berkujung ke Karimunjawa jangan lupa untuk mencoba bakso ikan ekor kuning ini.

    1. Lontong Krobyok/Krubyuk

    Nama makan ini berasal dari bahasa jawa yang mempunyai arti berjalan atau melewati genangan air. Makan ini diberi nama demikian karena Lontong Krobyok disajikan dengan kuah bakso yang banyak.Rasa kuah yang lezat denganirisan bawang goreng yang banyak. Makan ini cocok untuk dimakan saat siang hari, apalagi jika dimakan di pinggir pantai.

    1. Ikan bakar dengan bumbu Srepeh

    Karmunjawa terkenal dengan ikan bakar yang enak dengan bumbu khas. Ikan bumbu Srepeh menjadi ikan dengan bumbu khas Karimunjawa. Ikan ini memiliki rasa yang pedas gurih yang membuat orang ketagihan untuk memakannya.

    1. Tongseng cumu dengan kuah kari

    Karimunjwa juga memiliki makan serba Seafood. Biasanya warga sering membuat tongseng cumi dengan kuah kari apabila ada wisatawan yang datang berkunjung kesana. Cumi dipotong-potong dan kemudian dimasak dengan kuah kuning seperti kari. Rasa makan ini unik karena kuah kari sering dipakai sebagai olahan daging ayam dan daging sapi.

    1. Ragam olahan ikan asin yang diproses dengan tradisional

    Di Karimunjawa warga juga sering membuat ikan asin. Ikan yang dihasilkan terdiri dari beragam ikan mulai dari ikan berukuran kecil sampai ikan berukuran besar. Ikan-ikan semua diproses secara tradisional. Ikan asin ini  enak apabila disajikan dengan sambal dan nasi panas. Olah ikan asin ini patut untuk dicoba jika kamu berkunjung ke Karimunjawa.

    1. Telur Tahu

    Makan ini mirip dengan ketupat tahu yang ada di Magelang, Tahu Gimbal Semarang. Makan ini terdiri lontong, tahu putih yang digoreng, terlur goreng, kubis, sambal kacang, tauge rebus dan sedikit udang. Makan ini bisa dijadikan alternatif jika ingin makan kenyang. Karena satu porsi makan ini sangat banyak dan pasti bikin kenyang. Bisanya para wisatawan menyantap makan ini pada siang hari sebagai alternatif untuk makan siang.

    Itulah beberapa Kuliner Karimunjawa yang wajib kamu cicipi jika kamu berkunjung kesana. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mencari makan yang wajib dicicipi jika berkunjung ke Karimunjawa.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kuliner Di Karimunjawa Yang Wajib Dicicipi Wisatawan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar