Makanan Khas Gorontalo

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Gorontalo merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang terletak di bagian Utara dari Pulau Sulawesi dan di bagian Barat dari Sulawesi Utara, dan Gorontalo termasuk Provinsi di Indonesia yang masih Muda dan Lahir pada tanggal 5 Desember 2000. Dan Fakta uniknya, Gorontalo memiliki banyak sekali julukan atau sebutan, beberapa diantaranya seperti "Bumi Serambi Madinah", "Bumi Para Sastrawan" dan "Bumi Maleo".

    Kota Gorontalo juga memiliki Pemandangan alam yang Keren, namun pengunjung yang mengunjungi Gorontalo masih rendah, dibandingkan dengan Provinsi lainnya. Selain Pemandangan alam, di Gorontalo kamu juga dapat menemukan serangkaian Kuliner lezat yang harus Kamu coba ketika mengunjungi Gorontalo dan pasti nya akan memanjakan Lidah Kamu. Gorontalo memiliki serangkaian Kuliner mulai dari Makanan Berat sebagai Makanan utama Kamu ketika disana, hingga cemilan yang akan menyenangkan perjalanan Kamu ketika Kamu menikmati liburan ke Gorontalo.

    Baiklah langsung saja Kita akan membahas mengenai beberapa Makanan yang harus Kamu cicipi ketika berkunjung ke Kota yang biasa dipanggil Huluntalo ini.

    1. Ayam Iloni (dibaca ‘iloni’)

    Ayam Iloni merupakan Masakan Dapur yang populer di Gorontalo. Ayam Iloni ialah masakan Dapur yang tentunya berbahan Dasar ayam dan dicampurkan dengan bumbu khas Gorontalo, biasanya disajikan dengan Tambah dengan nasi dan pelengkap lain seperti sayuran. Ayam Iloni sangat cocok untuk Makan siang Kamu, dan Ayam Iloni lebih mirip seperti Masakan padang khas nya daerah Gorontalo.

    Dalam penyajian Ayam Iloni, pertama terlebih dahulu Ayam dicampurkan dengan rempah-rempah khas Gorontalo yang telah ditambahkan sedikit Santan. Lalu setelah siap, Ayam tersebut dipanggang hingga siap disajikan. Apakah Kamu penasaran?

    2. Ilabulo

    Ilabulo merupakan Makanan khas Gorontalo yang berbahan dasar berupa Ayam. Ilabulo sendiri lebih mirip ikan pepes khasnya Gorontalo. Dan pada umumnya dimasak dengan balutan daun pisang.

    Pertama, bagian ayam ingin dijadikan Ilabulo dimasukkan kedalam daun pisang, pada umumnya bagian Ayam seperti Hati, Ampela, dan Lemak Ayam. Lalu setelah dimasukkan, dicampurkan dengan bumbu-bumbu pelengkap tambahan, seperti Bawang, garam, dan penyedap rasa lain. Lalu dibakar hingga matang, dan Ilabulo pun siap disajikan.

    Ilabulo pada umumnya dijadikan lauk dan dimakan bersamaan dengan nasi. Tekstur yang bakal Kamu rasakan ketika makan Ilabulo akan sedikit unik, rasa kenyal Hati dan Lemak Ayam dan bermacam rasa yang diberikan bumbu-bumbu tambahan seperti Pedas dan manis pada Ilabulo akan membuat Kamu ingin lagi dan lagi. Apakah Kamu tertarik?

    3. Sashimi Tuna

    Pasti Kamu bertanya-tanya, Apakah iya Manado mempunyai Sashimi sendiri? Sashimi merupakan Makanan khas Jepang yang sudah sangat terkenal. Menariknya, Kota Gorontalo sudah memiliki Sashimi nya sendiri bahkan saat Sashimi sendiri belum Populer di Indonesia. Walaupun bentuk dan namanya serupa, namun nyatanya Sashimi Gorontalo juga tak kalah enak dengan Sashimi Jepang, dan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Ikan tuna Sashimi Gorontalo ialah bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan tuna itu sendiri.

    Sashimi Gorontalo diolah dengan dabu-dabu sebagai bumbu campurannya, sehingga Sashimi Gorontalo menimbulkan sedikit rasa Pedas yang sangat cocok di lidah. Dan fakta uniknya, Gorontalo merupakan daerah penghasil ikan Tuna terbesar di Asia.

    Jika Kamu penasaran, Kamu bisa lansung saja mendatangi Warung Seafood di Gorontalo, namun biasanya lebih banyak yang menjual di tepi Pelabuhan.

    4. Es Brenebon

    Dari makanan Berat, Kita beralih ke Makanan Penutup. Es Brenebon merupakan salah satu jajanan yang Populer di Gorontalo. Es Brenebon diolah dari bahan-bahan seperti Kacang Merah, daun pkamun, Gula Merah, Gula pasir, Susu kental manis, dan Es serut.

    Es Brenebon memiliki rasa yang unik, percampuran Antara Kacang Merah dan Daun Pkamun membuat cita rasa Es ini begitu Otentik. Es Brenebon sangat cocok untuk diminum saat siang hari, dan dijamin dahaga pun terasa sejuk.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Gorontalo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar