Kuliner Khas Di Gorontalo Utara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Gorontalo selain memiliki tempat wisata yang indah di Gorontalo juga memiliki kuliner atau makanan khas yang berada di Provinsi Gorontalo  Kabupaten Gorontalo utara. Gorontalo Utara adalah kabupaten yang berada di Provinsi Gorontalo .

    Kabupaten Gorontalo utara memiliki 11 kecamatan dan 123 kelurahan dengan mempuyai luas wilayah sekitar 1.230,07 kilometer2. Disini saya akan memberikan macam-macam kuliner khas yang terdapat di Kabupaten Gorontalo Utara.

    1. Tili Aya

    Tili aya merupakan makanan yang berbahan dasar gula merah. Tili aya merupakan makanan yang di kukus menggunakan Loyang kemudian di campur dengan santan. Tili aya paling enak di konsumsi di saat pada waktu masih panas. Selain di makan pada waktu masih panas, tili aya juga paling enak di konsumsi dengan teh hangat maupun dengan segelas kopi. Tili aya merupakan makanan yang wajib anda coba ketika kamu mengunjungi Kabupaten Gorontalo utara dan anda sangat mudah menemukan tili aya karena tili aya banyak orang yang menjualnya.

    2. Ilabulo

    Ilabulo merupakan kuliner khas yang terbuat dari ayam yang sudah di olah. Selain menjadi makanan khas, Ilabuto juga di jadikan sebagai lauk oleh masyarakat sekitar. Ilabuto merupakan makanan yang di bungkus dengan daun pisang. Ilabuto merupakan kuliner khas dari Gorontalo yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Kabupaten Gorontalo utara ketika masa liburan dating.

    3. Sate Tuna

    Sate tuna merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan tuna. Ikan tuna dapat kita jumpai di Provinsi Gorontalo  karena di Provinsi Gorontalo  ini terkenal dengan perairan lautnya yang melimpah dengan ikan. Sate tuna merupakan makanan yang berbeda dengan sate pada umumnya karena sate tuna ini memiliki tekstur yang lembut dengan di campurkan bumbu yang membuat sate tuna ini menjadi lezat. Sate tuna wajib anda coba ketika mengunjungi Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo .

    4. Bubur Sagela

    Bubur sagela merupakan bubur yang terbuat dari olahan ikan sagela yang menjadi bahan utama dari pembuatan bubur sagela ini. Bubur sagela merupakan bubur yang tidak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur sagela dapat anda temukan pada saat pagi dan siang hari. Anda wajib mencoba bubur sagela ini saat mengunjungi Kabupaten Gorontalo utara Provinsi Gorontalo .

    5. Sashimi Tuna

    Sashimi tuna merupakan kuliner khas yang terbuat dari olahan ikan tuna. Sashimi merupakan makanan yang dapat anda temukan di warung seafood. Perbedaan Antara sashimi tuna dari gorontalo dengan sashimi dari jepang adalah campuran daging ikan tunanya. Sashimi tuna di gorontalo memiliki rasa yang pedas. Sashimi tuna wajib anda coba ketika mengujungi ke Kabupaten Gorontalo utara Provinsi Gorontalo .

    6. Bilenthango

    Bilenthango merupakan makanan yang terbuat dari ikan goropa yang di kenal dengan nama ikan kerapu. Bilenthango merupakan makan makanan yang memiliki rasa yang renyah dan lembut karena telah di campur dengan rempah-rempah dan di tambah dengan sedikir perasan jeruk nipis. Anda wajib mencoba Bilenthango ini saat anda mengunjungi Kabupaten Gorontalo utara.

    7. Duduli

    Duduli merupakan makanan yang hampir sama dengan dodol. Duduli merupakan makan makanan yang terbuat dari gula merah yang sudah di campur dengan santan dan ketan. Duduli memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang lengket yang wajib di coba saat mengunjungi ke Provinsi Gorontalo  Kabupaten Gorontalo Utara.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kuliner Khas Di Gorontalo Utara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar