Makanan Khas Kapuas Hulu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kapuas Hulu merupakan daerah tingkat II yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat, dan beribukotakan Putussibau. Juga, Kabupaten yang memiliki Moto Hulu Bumi Kapuas ini memiliki serangkaian Makanan khas yang harus Kamu coba ketika berkunjung ke Kota yang merupakan tanah percampuran antara Dayak dan Melayu yang satu ini.

    Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia yang satu ini memang terkenal memiliki Makanan khas yang lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan khas yang terdapat di Kapuas Hulu biasa berupa Makan berat (Bubur, Mie, dll), dan juga terdapat beragam jenis Cemilan yang dapat Kamu nikmati ketika berwisata ke Kabupaten Kapuas Hulu, seperti Kerupuk Basah yang hampir 100 persen masyarakat Kalimantan barat tahu akan kelezatan dan kegurihannya.

    Disini Kita akan membahas mengenai Makanan khas Kapuas Hulu yang telah Penulis rangkum, Berikut Makanan Khas di Kapuas, terkhususnya Kapuas Hulu yang Wajib Kamu coba. Berikut Penjelasannya

    1. Kerupuk Basah

    Kerupuk Basah merupakan makanan khas yang sangat terkenal dari Kapuas Hulu, Hampir seluruh Masyarakat Kalimantan Barat mengetahui Makanan khas yang satu ini. Kerupuk Basah merupakan Makanan cemilian yang terbuat dari daging Ikan tawar atau Tenggiri.

    Walaupun namanya Kerupuk, Kerupuk basah tidak memilki tekstur kering dan garing seperti Kerupuk pada umumnya, dan lebih mirip seperti Pempek atau Siomay nya khas Kapuas Hulu.

    Banyak sekali resep atau cara untuk membuat cemilan yang lezat satu ini, namun ada cara umum yang paling banyak Orang lakukan ketika ingin membuat Kerupuk basah. Bahan yang umun digunakan untuk membuat Kerupuk basah ialah Tepung Kanji, Bawang Putih, Air, Daging Ikan Tawar atau Ikan Tenggiri sebagai penggantinya, bawang merah dan bawang putih, cabe, dan garam.

    Pada umumnya Kerupuk basah dimakan sebagai cemilan dan dimakan berbarengan dengan sambal atau cabai. Hampir semua orang yang pernah mencicipi Kerupuk Basah dan langsung menyukainya. Kamu harus coba Kerupuk Basah yang satu ini, pasti Kamu akan ketagihan.

    2. Mie Kepiting

    Mie Kepiting pada dasarnya merupakan Makanan khas Pontianak, namun Kamu juga dapat menemukannya di Kapuas Hulu. Mungkin masih banyak orang Indonesia terkhususnya di luar Provinsi Kalimantan Barat yang masih Asing dengan Makan Lezat khas nya Kalimantan Barat yang satu ini.

    Jika pada umumnya Makanan Mie dicampur dengan Topping seperti Daging Ayam, Mie Kepiting mempunyai Ciri Khasnya tersendiri yang membuat ia spesial. Mie Kepiting pada umumnya diberi tambahan berupa Makan Seafood seperti Ikan, Udang, Kepiting, dan Kecambah.

    Mie Kepiting banyak digemari dikalangan Masyaraka baik atas hingga ke bawah. Tak heran jika Kamu berkunjung ke Kota Pontianak, Kamu akan menemukan Banyak penjual Mie Kepiting dengan Varian Bumbu dan Rasa yang berbeda. Apakah Kamu tertarik buat Sarapan atau Makan Siang denga Mie Kepiting?

    3. Bubur Pedas

    Dari Cemilan, dan Mie, sekarang Kita beralih ke Bubur. Mungkin Kamu agak Kaget dengan bentuk Fisik Bubur yang tak biasa seperti ini, mungkin Kamu mengenal bubur dengan cita rasa Manis, Asin, dan sedikit rasa Pedas. Namun, Bubur Pedas yang satu ini memiliki Ciri khasnya tersendiri, Bubur Pedas sangat cocok untuk Kamu yang memiliki Lidah pedas.

    Bubur Pedas memiliki Bahan Utama berupa Beras, Ikan Goreng, Sayur-mayur, dan bahan tambahan seperti Gorengan ikan teri dan Kacang. Pertama Beras ditumbuk dan dioseng, Lalu dicampurkan dengan beranekaragam sayuran yang cocok, lalu dipadukan dengan Bahan tambahan seperti Ikan teri dan Kacang.

    Bubur Pedas lebih mirip seperti Perpaduan Sup dan Bubur dan sangat cocok dimakan ketika Suhu udara dingin, Apakah Kamu tertarik?(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kapuas Hulu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar